Australia Enggak Mau Terkecoh Ranking FIFA Indonesia

Australia vs Uzbekistan di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Jakarta – Timnas Australia menjalani pertandingan baabk 16 besar Piala Asia 2023 menghadapi Timnas Indonesia di Jassim Bin Hamad Stadium, Qatar pada Minggu malam WIB 28 Januari 2024.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Di atas kertas, Timnas Australia diunggulkan untuk memenangkan pertandingan. Bukan tanpa alasan status itu ada, karena secara ranking FIFA, tim berjuluk Socceroos unggul jauh dari Timnas Indonesia.

Ranking FIFA Indonesia saat ini ada di peringkat 155. Sementara Australia menempati urutan ke-39. Perbedaan yang sangat jauh di antara kedua tim.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Bek Timnas Australia, Harry Souttar

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Melalui laman resminya, Timnas Australia menegaskan posisi di ranking FIFA takkan dibiarkan mengecoh. Karena itu tak menggambarkan cara bermain Indonesia sekarang ini.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Menurut mereka, posisi Indonesia di ranking FIFA jauh ada di bawah karena beberapa tahun lalu pernah ada sanksi yang diberikan. Timnas Indonesia tidak bermain di level internasional sehingga peringkatnya melorot.

"Jangan biarkan peringkat mereka membodohi Anda, tim nasional sepakbola mereka harus mulai dari awal kurang dari satu dekade lalu karena skorsing FIFA," demikian penggalan kalimat dari artikel di Socceross.com.au

Australia vs Uzbekistan di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Australia bertemu Indonesia sudah sebanyak 15 kali. Socceroos mencatatkan 11 kemenangan, tiga kali imbang, dan sekali menelan kekalahan.

Pertandingan kompetitif antarkedua tim terjadi pada 2010 lalu. Saat itu Australia lolos ke Piala Asia 2011 setelah menang agregat 1-0 dari dua pertemuan.

Australia bisa lebih percaya diri dalam menatap pertandingan melawan Indonesia kali ini. Memainkan tiga pertandingan di Grup B, mereka menang dua kali dan sekali imbang.

Gawang Australia juga cuma kebobolan satu kali dalam tiga pertandingan tersebut. Mereka melaju ke babak 16 besar dengan status juara Grup B.

Sementara Indonesia berstatus peringkat ketiga Grup D. Dari tiga pertandingan, gawang Skuad Garuda kebobolan enam kali, dan tiga gol dicetak ke gawang lawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya