Timnas Thailand Anti Kebobolan di Fase Grup Piala Asia 2023

Timnas Thailand hadapi Timnas Arab Saudi di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Qatar – Timnas Thailand menjalani fase grup Piala Asia 2023 Qatar dengan baik. Gawang mereka anti kebobolan dalam tiga pertandingan yang dilakoni. Tiket ke babak 16 besar diraih lewat status runner up.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Skuad asuhan Masatada Ishii itu mencatatkan satu kemenangan dan dua kali imbang. Mereka unggul 2-0 atas Kirgistan pada pertandingan pertama Grup F. Setelah itu imbang 0-0 menghadapi Oman dan Arab Saudi.

Masatada Ishii bahkan berani berjudi ketika melakoni laga melawan Timnas Arab Saudi. Juru taktik asal Jepang itu mengganti total starting XI dari dua laga sebelumnya.

Top Skor Uzbekistan U-23 Tebar Ancaman

Timnas Thailand di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Penjaga gawang Saranon Anuin membayar kepercayaan dari sang juru taktik dengan sangat baik. Dia tercatat melakukan tujuh penyelamatan penting sepanjang pertandingan.

Adu Mahal Skuad Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan

Salah satu penyelamatan paling krusial adalah membendung tendangan penalti dari pemain Arab Saudi, Abdullah Radif ketika pertandingan baru berjalan 12 menit.

Melakukan pergantian total starting XI dilakukan Ishii memang beralasan. Karena sebelum pertandingan, mereka sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, minimal dari peringkat ketiga terbaik.

Timnas Thailand hadapi Timnas Arab Saudi di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Ishii juga melihat para pemain yang ada mampu menunjukkan performa yang baik selama latihan. Sehingga tak ada alasan baginya untuk takut mengubah komposisi menghadapi Arab Saudi.

"Alasan utama mengapa saya berani memutuskan 11 pemain starter dari dua pertandingan pertama adalah karena selama berlatih bersama selama hampir sebulan, saya melihat kualitas masing-masing pemain," ujar Ishii, dikutip dari Goal Thailand.

Ishii tak mau terpaku cuma di Piala Asia 2023 saja. Dia memikirkan agenda di tahun ini, termasuk jadwal pertandingan Thailand di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Untuk berbagai perencanaan, tim kami tidak cuma melihat persaingan di kompetisi ini saja, tapi kami juga melihat babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Karena itu perlu melihat rencana persiapan tim jangka panjang paling efisien," tuturnya.

Pada babak 16 besar Piala Asia 2023, Thailand akan berhadapan dengan Uzbekistan yang menjadi runner up Grup B. Ishii belum mau banyak bicara soal ini.

"Belum memikirkan hal itu. Karena kami harus melihat pertandingan demi pertandingan. Setelah ini kami akan mengerjakan pekerjaan rumah kami agar siap menghadapi pertandingan berikutnya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya