Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Jakarta – Keikutsertaan Timnas Australia dalam Piala AFF mengemuka dan jadi bahasan hangat. Muncul gagasan itu karena sejak 2013, Federasi Sepakbola Australia sudah tergabung ke dalam Konfederasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF).

Penyebab Juara Bertahan Bandung bjb Tandamata Takluk di Laga Perdana Proliga

Akan tetapi, untuk tim senior, Australia tidak ikut serta dalam Piala AFF. Sementara kategori usia diperbolehkan turut ambil bagian. Mereka pernah mencatatkan hasil positif dengan menjadi juara.

Jelang pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia gagasan ini dimunculkan kembali. Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold menyambut baik ide tersebut.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Menurut dia, keikutsertaan Australia di Piala AFF akan sangat bagus untuk pemain muda dan mereka yang berkarier di kompetisi lokal. Sedangkan pemain di luar negeri tidak diikutsertakan.

Pelita Jaya Bekap Wakil Malaysia di BCL Asia, Eks Pemain Houston Rockets Jadi Sorotan

"(Ide) bagus, tapi mungkin bukan untuk tim utama yang para pemainnya ada di Eropa," kata Graham Arnold dalam konferensi pers jelang laga Australia vs Indonesia, kemarin.

Tidak ikutnya pemain Australia yang ada di Eropa dianggap bisa jadi celah bisa ikut serta di Piala AFF. Karena memang alasan tim senior tak tampil di ajang dua tahunan itu karena kualitasnya berbeda dari negara ASEAN lainnya.

Australia vs Uzbekistan di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

"Itu sebuah turnamen yang bisa menciptakan kedalaman skuad, dan berguna bagi para pemain muda yang ada di Australia," tutur Arnold.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga ditanya pendapatnya soal gagasan ini. Secara lugas dia menganggap itu bukanlah ide baik, karena perbedaan kekuatan tim antara Australia dengan negara ASEAN.

Australia menurut juru taktik asal Korea Selatan itu ada di level atas tim-tim di Asia. Sedangkan negara-negara ASEAN masih dalam upaya mengembangkan sepakbola. Itu malah tidak baik untuk persaingan di Piala AFF.

"Saya kira itu bukan ide yang bagus. Australia kualitasnya jauh dibanding negara Asia Tenggara. Mereka sama dengan Jepang, Korea Selatan, Iran, dan Arab Saudi. Mereka tim teratas di Asia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya