Pelatih Australia: Timnas Indonesia Akan Bertarung dan Bikin Frustrasi

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Jakarta – Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold bicara soal kemungkinan yang terjadi dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 melawan Timnas Indonesia. Duel ini tersaji di Jassim Bin Hamad Stadium, Qatar pada Minggu malam WIB 28 Januari 2024.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Di atas kertas, Australia lebih diunggulkan dari Indonesia. Ini bukan cuma sekadar dari ranking FIFA yang berbeda jauh, namun juga kualitas pemain yang ada di dalam skuad masing-masing tim.

Rekam jejak Australia di Grup B juga bagus. Mereka mencatatkan dua kemenangan dan sekali imbang, serta cuma sekali mengalami kebobolan. Tim berjuluk Socceroos melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Cara Nonton Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Australia vs Uzbekistan di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Sementara Indonesia lolos dengan status peringkat ketiga terbaik. Tiga poin didapat oleh Skuad Garuda di Grup D, berkat menang 1-0 atas Vietnam. Sisanya mereka kalah dengan skor 1-3 dari Irak dan Jepang.

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea

Graham Arnold mengaku sudah menyaksikan pertandingan Indonesia melawan Jepang. Meski kalah, namun menurutnya skuad asuhan Shin Tae-yong mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan itu.

Karena itulah, kemudian dia waspada dengan Indonesia pada pertandingan nanti. Perkiraannya, Skuad Garuda bakal bertarung habis-habisan dan coba membuat anak asuhnya frustrasi sepanjang pertandingan.

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Asnawi Mangkualam Bahar

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

"Saya baru saja menyaksikan pertandingan mereka melawan Jepang dan mereka kalah 1-3. Tapi mereka menjalani pertandingan dengan baik," kata Graham Arnold dalam konferensi pers jelang pertandingan, kemarin.

"Mereka punya banyak kekuatan, dan kami tahu mereka akan berlari dan bertarung karena ingin membuat kami frustrasi selama 90 menit," imbuhnya.

Juru taktik berusia 60 tahun itu yakin anak asuhnya bisa tampil baik menghadapi Indonesia. Sejak dari masa persiapan hingga Piala Asia 2023 bergulir, dia menilai para pemain terus meningkat performanya.

"Kami terus alami peningkatan dan para pemain melakukan apa yang seharusnya. Menurut saya kami akan segera mendapatkan hasil yang tepat, dan sekarang waktunya," ujar Arnold.

Fokus Arnold untuk anak asuhnya saat ini adalah membuat permainan lebih solid. Indonesia menurutnya tak bisa dipandang sebelah mata, karena bisa jadi malah memberi kejutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya