Javier Roca Bangkitkan Memori Manis Arema FC dengan Chile

Pelatih Arema FC, Javier Roca
Sumber :
  • Viva/Lucky Aditya

VIVA Bola – Arema FC dan para pendukungnya, Aremania memiliki kenangan romantis dengan Chile. Sebab, pada awal 2000-an, tim berjuluk Singo Edan pernah diperkuat tiga pemain asal Chile.

Widodo Cahyono Putro Ungkap Kunci Selamatkan Arema FC dari Degradasi

Mereka yang menjadi tumpuan Arema FC ketika itu adalah Juan Rubio, Rodrigo Araya, dan Paco Rubio. Para Aremania bahkan memiliki kesan tersendiri dengan mereka.

Ada peran dari trio asing asal Chile tersebut dalam lagu yang sering dinyanyikan oleh para Aremania. Salah satunya adalah lagu Ayo Ayo Arema yang merupakan perubahan lirik dari lagi Timnas Chile, Vamos Chilenos.

Banyak Berkutat di Zona Degradasi, Arema FC Bersyukur Lolos dari Lubang Jarum

Lirik lagu Vamos Chilenos itu diberikan oleh trio asing asal Chile kepada Aremania. Itulah mengapa, romansa antara klub kebanggaan Aremania dengan Chile kembali bangkit dengan kehadiran Roca.

Aremania di Kanjuruhan

Photo :
  • Lucky Aditya (Malang)/ VIVA
Jadi Apparel 4 Klub Liga 1, Jenama Lokal Ini Ingin Gebrak Internasional

Ketika Roca diumumkan menjadi pelatih Singo Edan menggantikan Eduardo Almeida, beberapa pesan dari keluarga Rubio dan Rodrigo didapatkannya. Kebetulan mereka bermukim di Jakarta.

"Ya saat saya diperkenalkan sebagai pelatih Arema teman-teman asal Chile. Saya langsung dihubungi oleh keluarga Rubio di Chile dan Araya yang kini ada di Jakarta," kata Roca, Sabtu, 10 September 2022.

Pelatih Arema FC, Javier Roca

Photo :
  • Lucky Aditya (Malang)/ VIVA

Kelakar juga disampaikan oleh mereka kepada Roca. Mereka berharap kenangan indah di Arema FC bisa dilanjutkan.

"Mereka bilang awas kalau tidak bisa menang di sana (Arema) tidak bisa balik ke Chile. Karena mereka sudah punya sejarah dan menjadi kenangan indah di sini," tambahnya.

Dengan sejarah panjang antara Arema FC dan Chile. Dia berharap mampu mengukir cerita manis pula seperti para pendahulunya.

"Jadi saya akan coba, bagaimana tidak sampai malu dan akan saya maksimalkan," tutur Roca.

Berharap Kisah Manis

Aremania di Kanjuruhan

Photo :
  • Lucky Aditya (Malang)/ VIVA

Roca berharap, kehadirannya di Arema FC ini bisa meneruskan kisah indah antara Chile dan Arema FC, bahkan melebihinya dengan merebut gelar juara Liga 1. Ketika trio Chile ada di dalam tim, mereka melangkah sampai babak 8 besar.

"Saya juga tau kalau ada lagu Ayo ayo Arema yang berasal dari lagu Timnas Chile (Vamos Chilenos) saat Piala Dunia 1998. Semoga hubungan emosional antara Arema dan Chile bisa membawa Arema mendapat juara," ujar Roca.

Tentu tidak mudah bagi Roca untuk mewujudkan keinginannya bersama Arema FC. Saat ini mereka ada di urutan ke-9 klasemen sementara dengan raihan 11 poin.

Roca juga sudah dinanti laga berat. Pada Minggu sore WIB 11 September 2022, dia akan memimpin timnya untuk menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya