Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023, Pemain Timnas Indonesia Kena Mental

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan pemainnya Habil Abdillah Yafi
Sumber :
  • Antara/Michael Siahaan

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal mendapatkan tiket berlaga di Piala Asia U-17 2023. Kegagalan Timnas Indonesia U-17 lolos ke putaran final usai dibantai Malaysia dengan skor 1-5 dalam laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

FIFA Terang-terangan Puji Timnas Indonesia

Bertanding di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu 9 Oktober 2022, Timnas Indonesia U-17, dalam waktu kurang dari 30 menit, mereka sudah kebobolan sebanyak 3 gol cepat yang diciptakan oleh para pemain Malaysia.

Timnas Guam U-17 vs Indonesia U-17.

Photo :
  • Dok. PSSI
Mantan Pemain Malaysia Puji Timnas Indonesia: Mereka Kerja saat Kami Istirahat

Bahkan, Malaysia sanggup menutup paruh pertama dengan keunggulan lima gol tanpa balas. Sementara itu, Timnas Indonesia U-17 hanya mampu mencetak satu gol balasan yang tercipta pada masa injury time babak kedua melalui aksi Arkhan Kaka.

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti Tukiman, mengakui bahwa pemain besutannya terkena mental setelah bertubi-tubi dihajar oleh gol cepat Malaysia. Meskipun, dia berusaha mengantipasi hal itu, tetapi mental para pemain tetap sudah turun hingga akhir pertandingan.

Pos Indonesia Dukung Program Seleksi Timnas Indonesia U-17 dan U-20

"Sebenarnya kami sudah kasih tahu, pemain nomor 7 dan 12 perlu diantisipasi. Tetapi, gol pertama, kedua, dan ketiga, itu gol-gol cepat sehingga memengaruhi mental pemain," ujar Bima Sakti, usai pertandingan.

"Setelah gol ketiga mereka, kami semakin down dan kami berusaha meningkatkan mental mereka, tetapi tak mudah memang karena pertandingan ini tekanannya tinggi," sambungnya.

Lebih lanjut, Bima Sakti menambahkan, dirinya sempat meminta anak asuhnya untuk fokus menjaga kemampuan individu salah satu Malaysia yang dianggap paling berbahaya. Akan tetapi, keputusan itu justru membuat para pemain Timnas Indonesia U-17 makin keteteran.

Indonesia U-17 vs Malaysia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

"Kami sebenarnya sudah menganalisis (pemain) nomor 7 itu, tugasnya menyerang 60 persen dan bertahan 40 persen. Namun, hal itu yang agak menyulitkan dan koordinasi ditengah tadi sedikit terbuka sehingga banyak kosongnya," tutur Bima Sakti.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Indonesia gagal menjadi enam runner up terabik karena mereka menempati posisi ketujuh dengan selisih gol minus tiga, meski memiliki 3 poin, yang sama seperti 6 tim di atasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya