Keputusan Besar Shin Tae-yong Jadi Sorotan Mantan Pemain Malaysia, FAM Kena Sentil

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA – Mantan pemain Timnas Malaysia, Azraai Khor Abdullah memberikan masukan kepada Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) untuk meniru keberanian Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Azraai Khor Abdullah menyebut, FAM harus mementingakn masa depan sepakbola Malaysia dengan cara regenerasi. Tidak seperti saat ini yang masih menggunakan pemain-pemain di atas 30 tahun.

Di Piala Asia 2023 contohnya, Malaysia masih mengandalkan Junior Eldstal, Paulo Josue, Darren Lok, Daniel Ting, Brendan Gan, dan La’Vere Corbin-Ong.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Azraai Khor mencontohkan Timnas Indonesia yang tampil di Piala Asia 2023 dengan sebagian besar pemain muda. Bahkan, Indonesia menjadi skuad paling muda dengan rata-rata usia 22,5 tahun.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mempercayakan Ernando Ari, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Justin Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Rafael Struick dan Witan Sulaeman yang merupakan pesepakbola usianya di bawah 23 tahun

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Meski dengan kekuatan muda, Indonesia mampu melangkah hingga babak 16 besar. Sedangkan Malaysia yang mengandalkan banyak pemain senior justru rontok di fase grup.

"Jika kita berbicara tentang masa depan tim nasional setelah Piala Asia, mereka harus melihat bagaimana tetangga kita, Indonesia melakukannya. FAM harus menyadari masa depan ada pada pemain muda," kata Azraai Khor Abdullah dikutip dari New Straits Times.

“Sebagian besar klub terlalu fokus pada memenangkan kompetisi kelompok umur dan akhirnya mengabaikan pengembangan talenta muda. Jika ini terus berlanjut, talenta muda kita akan menderita dan tim nasional akan terkena dampaknya dalam jangka panjang," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya