Pemain Timnas Indonesia Memohon Laga di Piala AFF 2022 Digelar dengan Kehadiran Penonton

Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022.
Sumber :
  • Instagram/@baliunitedfc

VIVA Bola – Pemain Timnas Indonesia, Muhammad Rafli, sangat berharap agar laga kandang di Piala AFF 2022 boleh dihadiri penonton. Dia mengatakan, dukungan langsung dari suporter akan memberikan dampak positif bagi tim.

Pj Gubernur Sumut Masih Optimis Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade

Penyataan Rafli hampir sama dengan pelatih Shin Tae-yong yang berharap pihak kepolisian memberi izin laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dengan kehadiran penonton di stadion.

Suporter Timnas Indonesia

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Reaksi Jerome Polin saat Timnas Indonesia Kalah Lawan Irak, Kutukan Tidak Berhasil?

PSSI sebelumnya telah memastikan bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Namun, hingga kini, izin dari kepolisian terkait apakah pertandingan boleh dihadiri penonton atau tidak, belum dikeluarkan.

Rafli pun berharap penonton boleh hadir. Dia lantas membayangkan SUGBK yang dipadati suporter akan meningkatkan mental skuad Garuda dan membuat lawan sedikit kesulitan menghadapi tekanan.

Shin Tae-yong Mengawal Indonesia U-23 Agar Tak Larut dalam Kekecewaan

"Harapan kita pasti ingin ada penonton, apalagi ini laga intenrasional. Dukungan penonton itu, apalagi langsung, sangat-sangat berpengaruh buat mental kita," kata Rafli, dalam keterangannya, Jumat 16 Desember 2022.

"Kalau misal kita main di SUGBK full, itu sangat-sangat meningkatkan mental kita jadi lebih baik. Jadi, harapan saya di semua laga home kita bisa ada penonton," ucapnya.

Selain Rafli, pelatih Shin Tae-yong berharap hal serupa. Juru formasi asal Korea Selatan itu merasa hadirnya penonton bisa membantu penampilan tim berjuluk Garuda tersebut tampil lebih baik.

"Saya memang mendengar ada kabar yang kurang baik, belum ada izin penonton bisa hadir. Tapi ini bukan pertandingan liga, tapi pertandingan internasional," ujar Shin Tae-yong.

"Jadi memang dengan adanya tragedi Kanjuruhan dari pihak polisi pasti kesulitan ambil keputusan, tapi saya memohon pengertiannya karena ini pertandingan internasional dengan adanya penonton juga pasti pemain bisa lebih semangat lagi, dengan memberikan kesempatan dari pihak polisi untuk penonton masuk pasti saya juga akan sangat senang," ungkapnya.

Timnas Indonesia berada di Grup A Piala AFF bersama Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam. Kamboja akan jadi lawan perdana yang dihadapi Skuad Garuda pada 23 Desember.

Setelah itu tim Merah Putih melawan Brunei Darussalam pada 26 Desember, lalu menjamu Thailand 29 Desember 2022 dan ditutup dengan laga tandang ke markas Filipina pada 2 Januari 2023.

Laga home Timnas Indonesia akan bertambah andai masuk fase semifinal dan final. Tentu armada Shin Tae-yong ditargetkan menjadi juara di turnamen ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya