Busnya Diteror Suporter Indonesia, Pelatih Thailand: Sangat Menyedihkan! 

Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA Bola – Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking buka suara terkait momen tak tak menyenangkan saat hendak menjalani pertandingan Grup B Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis sore WIB 29 Desember 2022.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Bus yang mereka tumpangi diadang pendukung Indonesia, dan kacanya sampai pecah. Momen itu terjadi saat bus yang membawa penggawa Timnas Thailand memasuki kawasan SUGBK. 

Para pendukung Indonesia yang ada di sana melakukan adangan sembari memberi teror kepada mereka.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Di media sosial tampak terlihat bagaimana para suporter yang ada terlihat begitu emosional. Mereka menggedor-gedor kaca bus, dan ada yang sampai mengacungkan jari tengah.

Sedianya bus yang ditumpangi oleh para pemain Thailand dikawal oleh mobil Patwal Polisi. Tapi pengawalan dilakukan dari depan, sehingga cuma membuka akses jalan bus saja.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

"Itu sesuatu yang menyedihkan dan tidak seharusnya terjadi. Kami harus fokus ke pertandingan. Saya tak bilang itu memengaruhi kami, tapi kami harusnya ada organisasi yang lebih baik soal itu," kata Polking.

Pelatih asal Brasil itu juga menyayangkan tidak adanya pengamanan yang maksimal saat kedatangan timnya. 

Meski begitu, Polking beryukur tidak ada pemain atau staff yang mengalami cedera akibat kejadian tersebut.

"Semua orang tau bahwa bus akan melewati jalan itu. Ada mobil polisi di depan tapi 3 ribuan orang menunggu kami," ucapnya.

"Sulit membicarakan ini karena seharusnya urusan kalian. Tapi ini tak bagus. Ada 50-an orang di bus dan kaca dilempari. Namun semua itu tak ada hubungannya dengan hasil pertandingan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya