Perbedaan El Clasico Spanyol dan Indonesia Versi Luis Milla

Persib vs Persija di Liga 1
Sumber :
  • ligaindonesiabaru.com

VIVA Bola – Pelatih Persib Bandung, Luis Milla terlihat sangat emosional ketika timnya berhasil memetik tiga poin melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Rabu 11 Januari 2023. 

Hasil Championship Series Liga 1: Sang Juara Musim Reguler, Borneo FC Dikalahkan Madura United

Bagi Milla laga bertujuk El Clasico Indonesia ini merupakan pengalaman pertamanya. Makanya, dia sangat bangga timnya bisa meraih kemenangan. 

Dalam laga sarat gengsi tersebut, skuad Maung Bandung menang dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan Persib dicetak bomber andalannya, Ciro Alves menit ke-63.

Ditahan Persib, Bali United Fokus Tatap Leg Kedua di Bandung

Persib vs Persija di Liga 1

Photo :
  • ligaindonesiabaru.com

Pelatih berusia 56 tahun ini juga bicara mengenai perbedaan El Clasico Indonesia dengan Spanyol. Menurut dia, suasana pertandingan memang berbeda, tapi dukungan yang diberikan mirip dengan negaranya. 

Kehadiran Suporter Bali United Justru Bikin Persib Tampil Lebih Garang

"Berbeda (suasananya) tapi perasaan yang dirasakan oleh orang-orang di sini tentunya sama. Mereka mendukung tim yang dibelanya tapi untuk kami sebagai pemain dan juga pelatih profesional harus memiliki ketenangan menghadapi pertandingan," jelas Milla. 

Eks pemain Real Madrid ini mengakui tekanan besar akan didapat tim ketika melakoni laga akbar. Situasi ini tentunya harus menjadi perhatian pelatih supaya tim tetap tenang dalam bertanding. 

Luis Milla dan Thomas Doll

Photo :
  • ligaindonesiabaru.com

"Atmosfernya mengenai pertandingan, pemain tentunya merasa tekanan yang lebih dan tim pelatih juga harus bisa berpikir tenang. Pelatih harus bisa membuat pemain tidak terlalu merasakan stres dan kepanikan," jelasnya. 

Menurut Milla, yang lebih penting ketika menghadapi laga besar adalah fokus dan menganggap setiap pertandingan sama seperti laga-laga lainnya. 

"Memang ada tekanan yang lebih tapi dibutuhkan ketenangan agar tim bisa menghadapi laga dengan sempurna," ucapnya.

"Itu tidak mudah tetapi saya sangat senang dengan situasi yang dialami pemain di tim kami, mereka melakukan persiapan dengan bagus," papar Milla. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya