Ketika Timnas Indonesia Juara Piala Asia U-20 Usai Hajar Jepang dan Imbangi Korsel

Pemain Timnas Indonesia U-20 rayakan gol
Sumber :
  • Instagram PSSI

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-20 bakal tampil di Piala Asia U 20 2023 yang digelar di Uzbekistan pada 1 hingga 18 Maret 2023. Armada Shin Tae-yong tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Timnas Indonesia U 20 memiliki sejarah manis di Piala Asia. Garuda Nusantara sempat sekali juara pada 1961 saat ajang ini berlangsung di Thailand.

Indonesia mengerahkan 18 pemain terbaiknya yitu Hardi Purnomo, Faisal Jusuf, Sonny Sandra, Idris Mappakaja, Rasjid Dahlan, Ipong Silalahi, Willem Souw, Djumadio, Andjiek Alinurdin, Bob Hippy, Kuswanadji, Pirngadi, Suwardjo, M Bogor, Saptono, Hussein, Suparno, dan Agam. P.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Hebatnya, Indonesia mampu melewati dua raksasa Asia, Timnas Korea Selatan dan Timnas Jepang. Indonesia menahan imbang Korsel dan menaklukkan Jepang.

Di laga perdana penyisihan Grup A, Indonesia bertemu Vietnam Selatan. Garuda Muda menang 2-0.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Pemain Timnas Indonesia U-20

Photo :
  • Instagram PSSI

Selanjutnya, Indonesia bertemu Korea Selatan yang berstatus juara bertahan. Duel berakhir imbang 2-2. Lalu, Indonesia menekuk Jepang 2-1.

Di laga terakhir penyisihan grup, Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Singapura. Indonesia pun menjadi juara Grup A dengan 6 poin dari 4 laga sekaligus merebut tiket ke final.

Di final, Indonesia bertemu Burma (Timnas Myanmar) yang menjuarai Grup B. Skor imbang 0-0 selama 2x45 menit.

Saat itu, sepakbola belum mengenal babak tambahan dan adu penalti. Indonesia dan Burma pun dinobatkan sebagai juara bersama.

Hingga kini, itu menjadi satu-satunya gelar yang diraih Indonesia di Piala Asia U-20. Indonesia juga pernah dua kali menjadi runner up (1967, 1970), sekali peringkat ketiga (1962) dan dua kali merebut posisi keempat (1960, 1964).

Sedangkan Myanmar sudah 7 kali juara Piala Asia U-20. Mereka hanya kalah dari Korea Selatan yang merebut 12 gelar, sekaligus menjadi pencapaian terbaik tim Asia Tenggara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya