Nekat Berangkat Solo, Puluhan Bonek Diamankan Polisi

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Bola – Sebanyak 85 suporter Persebaya Surabaya atau yang dikenal Bonek nekat datang ke Solo pada Jumat, 26 Juni 2023. Lantaran adanya kesepatan bahwa jumlah suporter Bonek dibatasi dan hanya diangkut menggunakan bus resmi dari Persebaya maka puluhan suporter tersebut diamankan polisi dan dikembalikan ke kota asal.

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

Seperti diketahui kedatangan puluhan suporter Bonek itu untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangannya Persebaya Surabaya yang akan berlaga melawan Persis Solo pada laga persahabatan di Stadion Manahan Solo pada Sabtu malam, 24 Juni 2023.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan sejumlah suporter Persebaya telah diamankan. Total jumlah suporter yang diamankan petugas kepolisian sebanyak 85 orang. Mereka masuk ke Solo melalui beberapa titik kedatangan.

Sandiaga Uno Bakal Ikut Nobar Timnas Indonesia di Depan Balai Kota Solo

“Mereka diamankan dari tiga lokasi, yakni di seputaran Stasiun Balapan, Jalan Ring Road Solo dan Stadion Manahan,” sebut mantan Dirtlantas Polda DIY di Solo, Jumat, 23 Juni 2023.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Puluhan suporter yang berangkat ke Solo tidak melalui rombongan resmi itu selanjutnya diantar hingga perbatasan Kabupaten Karangayar dengan diangkut truk dari Sat Dalmas Polresta Solo. Mereka akan diantar menuju Surabaya secara estafet.

“Berdasarkan kesepakatan bahwa hanya ada 500 suporter Bonek yang diperbolehkan datang ke Solo dengan rombongan resmi yang dianggkut menggunakan bus. Mereka dikoordinasi secara resmi dengan manajemen Persebaya,” katanya.

Selanjutnya ia menghimbau kepada suporter yang tidak masuk kuota resmi sebanyak 500 orang itu untuk tidak datang ke Solo. Jika nantinya diketahui terdapat suporter yang berangkat mandiri menggunakan motor, truk dan kereta api akan dilarang dan diminta untuk putar batik ke Surabaya.

“Dengan rasa hormat, kami meminta maaf demi kenyamanan bersama kami tertibkan. Mas wali sudah menyepakati hanya 500 suporter Bonek saat techinal meeting,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya