Indra Sjafri Buka Garuda International Cup 3, Saring Pemain Berbakat untuk Piala Dunia U-17

Indra Sjafri buka Garuda International Cup 3
Sumber :
  • Istimewa

Bogor – Pembukaan turnamen usia muda Garuda International Cup 3 berlangsung meriah di ASIOP Training Ground (ATG), Sentul, Bogor, Kamis 6 Juli 2023 pagi. GIC 3 turut memeriahkan momen Piala Dunia U 17 2023 di Indonesia.

Kata Jokowi soal Gaji Pekerja Dipotong 3 Persen Buat Tapera

Turnamen Garuda International Cup (GIC) 3 yang mengusung tema “The Season is Coming! Let’s Have Fun” ini dibuka secara resmi oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.  Bukan tak mungkin peserta dari ajang ini menjadi bagian dari Timnas Indonesia U 17 di Piala Dunia U 17 nanti.

GIC 3 akan digelar di ATG pada Kamis 6 Juli 2023 hingga Minggu 9 Juli 2023 dengan mempertandingkan dua kelompok usia yaitu 12 dan 17 tahun.  Persaingan pada turnamen GIC 3 ini semakin sengit karena diikuti 32 kontestan dari tujuh negara yaitu Indonesia, Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam. 

PSSI dan ASBWI Apresiasi Milklife Soccer Challenge, Ajang Temukan Talenta Pesepakbola Putri

Garuda International Cup 3

Photo :
  • Istimewa

Dalam sambutannya Project Director GIC 3 Wahyu Budiarto mengatakan turnamen kali ini dipastikan bakal berlangsung lebih seru, menarik, dan berkualitas karena diikuti tujuh negara dan digelar menjelang Piala Dunia U-17 2023. 

Ini Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Tanzania

“Pastinya GIC 3 2023 ini mengalami peningkatan dari segi kualitas pertandingan, kuantitas negara peserta, serta atmosfer turnamen ini akan semakin meningkat karena digelar menjelang pesta sepak bola yaitu Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Indonesia,” ucap Wahyu Budiarto. 

“Jadi kami juga ingin khususnya dari kategori U-17 dapat melahirkan banyak pemain-pemain terbaik untuk memperkuat Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 nanti,” kata Wahyu menambahkan. 

Turnamen GIC 3 terasa lebih spesial dari gelaran tahun-tahun sebelumnya karena kejuaraan tahun ini diikuti tim-tim terbaik dari beberapa kota besar di Indonesia dan tujuh negara. 

Di sisi lain, para peserta maupun penonton yang hadir ke venue GIC 3 di ATG Sentul ini juga dipastikan bakal mendapat pengalaman berbeda karena pihak penyelenggara sudah menyiapkan berbagai arena bermain, booth makanan lokal maupun internasional, hingga peserta dapat menikmati event-event yang ada di venue Garuda International Cup, salah satunya Dance Competition se-Jawa Barat dan DKI Jakarta. 

Selain itu, para peserta dan penonton juga akan disuguhkan penampilan band, DJ, perkusi dan lain sebagainya. Para peserta dan penonton juga bisa mendapatkan merchandise Garuda International Cup dan peralatan-peralatan sports yang dijual di venue GIC 3.

Momen Bagus Jelang Piala Dunia U-17

Indra Sjafri sangat menyambut baik ajang GIC 3 ini. Pria yang membawa Timnas Indonesia U-22 merebut medali emas SEA Games 2023 ini menilai turnamen ini semakin diminati. Parameternya, kalau tahun lalu 24 tim sekarang ada 32 tim. Kalau tahun lalu ada lima negara, sekarang ada tujuh negara.

"Kami harap seperti Gothia Cup yang diikuti banyak negara karena tidak hanya dapat manfaat dari sisi teknis sepak bola tetapi juga jadi momen untuk kegiatan ekonomi UMKM. Ini momen bagus juga karena bertepatan menjelang Piala Dunia U-17. Piala Dunia U-17 ini bagus karena banyak negara tuan rumah yang setelah menggelar Piala Dunia U-17 kemampuan mereka meningkat pesat," tutur Indra Sjafri.

Indra Sjafri membuka kemungkinan peserta GIC 3 bisa membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17. Yang terpenting adalah menunjukkan kualitas permainan terbaik.

"Ada tiga syarat bela Timnas Indonesia. Pertama, warga negara yang dibuktikan dokumen negara. Harus pindah asosiasi kalau pernah membela timnas senior negara lain Kualitas jangan ada dusta di antara kita," ucap Indra Sjafri.

"Silakan perlihatkan kemampuan terbaik kalian. Nanti akan ada tim dari PSSI yang akan memantau kalian untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia," sambungnya.


Daftar Peserta U-12
1. Shonan Bellmare (Jepang)
2. Apuesto Bueno (Filipina)
3. Brazilian FA (Brunei)
4. Woodlands Warriors (Singapura)
5. NFDP (Malaysia)
6. AT Putra Jaya (Malaysia)
7. Best FC (Malaysia)
8. HKFC (Malaysia)
9. CS Private (Indonesia)
10. DYFC (Indonesia)
11. Nahusam (Indonesia)
12. Next Bali Negeration (Indonesia)
13. Farmel (Indonesia)
14. ASIOP Biru (Indonesia)
15. JDT (Malaysia)
16. ASIOP Merah (Indonesia) 

Daftar Peserta U-17
1. ASIOP Merah (Indonesia)
2. ASIOP Biru (Indonesia)
3. Bangkok FC (Thailand)
4. Apuesto Bueno A (Filipina)
5. Apuesto Bueno B (Filipina)
6. Central Visayas (Filipina)
7. FC Katipunan (Filipina)
8. Fajar Selatan (Malaysia)
9. Bintang Gombak (Malaysia)
10. Woodlands Warriors (Singapura)
11. Fatto Zapello (Indonesia)
12. Ricky Nelson Academy (Indonesia)
13. Safin Pati (Indonesia)
14. Diklat Merden (Indonesia)
15. Heijnes (Indonesia)
16. Melaka Sport School (Malaysia)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya