Tensi Tinggi Edy Rahmayadi Cup, Dirut PSMS Medan Ngamuk di Ruang Ganti Wasit

Dirut PSMS Medan, Arifuddin Maulana Basri.
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Medan – Final turnamen pramusim Gubsu Edy Rahmayadi Cup 2023 mempertemukan antara PSMS Medan dan Sada Sumut FC, di Stadion Teladan, Kota Medan, Rabu malam, 16 Agustus 2023. Duel ini berjalan dengan tensi panas dan terjadi protes atas kepemimpinan wasit dalam pertandingan tersebut.

Ini Wasit yang Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Protes keras itu, disampaikan Direktur Utama (Dirut) PSMS, Arifuddin Maulana Basri hingga mendatangi ruang ganti wasit di Stadion Teladan, usai babak pertama usai. Wasit itu, bernama Edy Syahputra memimpin final Edy Rahmayadi Cup 2023.

Arifuddin yang merupakan menantu Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi tidak puas kepemimpinannya karena saat itu, salah satu pemain PSMS dilanggar di area kotak penalti lawan. Namun, tidak diberikan tendangan penalti.

Sinyal Siap Lawan Menantu Jokowi, Ijeck: Kita Mau Bersaing Secara Sehat

Aksi memalukan Arifuddin itu, dari pantauan wartawan, sempat menjadi pusat perhatian penonton, panitia hingga pihak pengamanan. 

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

Tampak Local General Coordinator (LGC), Pesta Lumbangaol juga emosi dengan sikap Dirut PSMS Medan itu. Ia pun, mengancam akan menghentikan laga tersebut. Bila Arifuddin terus melakukan intervensi dan tekanan kepada perangkat pertandingan.

"Jangan emosi kalian aja yang dibawa, aku pun bisa emosi. Atau kita hentikan saja laga ini. Saya punya hak untuk menghentikan laga ini," ancam Pesta dengan tegas kepada tim PSMS Medan.

Namun, ketegangan dua pihak berhasil mereda setelah sejumlah panitia pertandingan dan pihak keamanan melerai keduanya. 
Menyahuti hal itu, Pesta mengaku sikap yang dilakukan Dirut PSMS itu, dengan mendatangi ruang ganti wasit telah melanggar sportivitas sebuah kompetisi. 

"Ini kan tidak boleh terjadi. Walaupun cuma turnamen tapi ini pembelajaran dalam persiapan menatap kompetisi resmi Liga 2 yang akan bergulir dalam waktu dekat," kata Pesta.

Pesta berharap kejadian ini tidak terulang apalagi saat kompetisi bergulir. Karena apa dilakukan Dirut PSMS Medan itu, akan mendapatkan sanksi dari PSSI.

"Tentunya bakal ada sanksi yang bakal diterima jika ini terulang," tutur Pesta. 

Situasi memanas mulai terasa menjelang akhir pertandingan babak pertama berakhir. Permainan kedua tim jual beli serangan dalam laga final Edy Rahmayadi Cup 2023.

PSMS akhirnya menjuarai Edy Rahmayadi Cup 2023. Ayam Kinantan menang tipis 1-0 atas Sada Sumut FC. Gol tunggal PSMS dicetak Putra Chaniago di menit 48.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya