Arema FC Pasang Target Kemenangan Atas Persija Di Tengah Mental Anjlok

Tim Arema FC jalani pemusatan latihan
Sumber :
  • Uki Rama (Malang)/ VIVA

MALANG – Rentetan hasil buruk mewarnai perjalanan Arema FC di Liga 1 musim ini. Hingga pekan ke 8 ini Arema FC belum pernah sekalipun meraih kemenangan di kompetisi kasta tertinggi tanah air. 

Turnamen Internasional: Persija dan PSIS Hadapi 2 Klub Liga Malayisa di JIS

Arema FC hanya mengoleksi 2 poin hasil dari 6 kali kalah dan 2 hasil seri. Singo Edan pun kini terdampar di dasar klasemen Liga 1. 

Dalam misi keluar dari zona degradasi. Arema FC akan melawan tim kuat Persija Jakarta. Laga ini akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Minggu, 20 Agustus 2023 sore. 

Persib Bandung Jaga Kebugaran Jelang Tantang Bali United di Championship Series

Pelatih Caretaker Arema FC, Kuncoro mengatakan bahwa di tengah misi bangkit. Selain lawan yang kuat kendala lain adalah mental pemain yang anjlok karena belum pernah menang dan kini berada di zona degradasi.

Ditunjuk Jadi Pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiantoro: Seperti Kembali ke Rumah

Dia bahkan menyebut, dengan strategi apapun tidak akan berjalan efektif jika pemain Arema FC sudah kalah sebelum bertanding. Apalagi saat Arema FC berada dalam posisi tertinggal, mental Dendi Santoso Cs kian terpuruk. 

"Kesulitanya mental kita anjlok karena tim kalau tidak menang, saya juga dulunya pemain jadi segala hal, strategi apa taktik akan sulit. Bahkan membalas saat tim posisi tertinggal itu juga sulit. Kita akan takut, itu psikologi pemain," kata Kuncoro, Sabtu, 19 Agustus 2023. 

Kuncoro dengan tegas meminta semua pemain untuk melupakan 8 laga yang sudah dijalani tanpa kemenangan. Dia mengajak semua pemain fokus melawan Persija agar pulang ke Malang bisa membawa poin. 

"Makanya kita tekankan ke pemain lupakan 8 pertandingan kemarin. Kita harus bangkit," ujar Kuncoro. 

Disisi lain, dia membantah bahwa Arema FC hanya mengandalkan Gustavo Almeida di lini depan. Memang selama ini Gustavo adalah satu-satunya pemain Arema FC yang mampu mencetak gol. Bahkan dia mejadi top skor sementara Liga 1 dengan torehan 7 gol. 

"Saya kira tidak terlalu Gustavo sentris ya. Cuma kita memang belum menemukan ritme permainan, belum ketemu itu saja," tutur Kuncoro. 

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya