Shin Tae-yong Bongkar Alasan Ernando Ari Jadi Penendang Penalti

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan alasan mengapa Ernando Ari menjadi penendang penalti di laga lawan Vietnam.

Guinea U-23 Bobol Gawang Indonesia U-23 Lewat Penalti

Timnas Indonesia U-23 gagal menjadi juara Piala AFF usai dikalahkan Vietnam pada laga final. 

Bertanding di Stadion Rayong Provincial, Thailand, Sabtu 26 Agustus 2023, Indonesia kalah 5-6 setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Susunan Pemain Indonesia U-23 Vs Guinea U-23

Ada momen menarik dalam babak adu penalti. Di mana, kiper Ernando Ari menjadi penendang keenam. Sayangnya, keberanian Ernando tak mampu membuahkan gol, karena tendangannya mampu dihalau kiper Vietnam.

Terkait hal itu, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa hal itu sudah direncanakan sebelumnya. Ernando Ari telah berlatih mengambil tendangan penalti sebelum menghadapi partai final.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

"Kami hanya memiliki lima pemain pengganti, jadi kami harus bersiap dengan baik jika ada perpanjangan waktu," ujarnya selepas pertandingan.

"U23 Vietnam memiliki lebih banyak pemain dan itulah keunggulan mereka. Penjaga gawang berlatih tendangan pena dalam latihan, tetapi dalam pertandingan sebenarnya ceritanya berbeda," jelasnya.

Sebenarnya Ernando mampu tampil apik selama Piala AFF U-23 ini dengan hanya kebobolan tiga dari empat pertandingan. Di laga final, Ernando juga mampu menggagalkan penalti Vietnam pada menit ke-39.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya