Timnas Indonesia Kalah Adu Penalti, Vietnam Juara Piala AFF U-23 2023

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari gagalkan penalti
Sumber :
  • Instagram @timnas.indonesia

Thailand – Timnas Indonesia U 23 harus puas menjadi runner up Piala AFF U 23 2023. Garuda Muda kalah 5-6 (0-0) lewat adu penalti dari Timnas Vietnam di Rayong Province Stadium, Sabtu 26 Agustus 2023.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Pertandingan berjalan dengan ketat. Namun, skor imbang tanpa gol tak berubah hingga 120 menit.

Vietnam mendapat hadiah penalti di menit 34 usai pelanggaran dari Alfreanda Dewangga. Beruntung, kiper Indonesia Ernando Ari mampu menggagalkan eksekusi dari Nguyen Quoc Viet.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Indonesia membuang peluang di menit 48. Sundulan Muhammad Ferrari yang sudah tak terkawal justru melebar dari gawang Vietnam.

Pemain Timnas Indonesia U-23

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia
Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Ramadhan Sananta melepaskan tendangan jarak jauh di menit 55. Sayang, masih bisa ditepis kiper Vietnam Quan Van Chuan.

Di babak tambahan, kedua tim tampak mulai kelelahan. Dari kubu Indonesia, Robi Darwis beberapa kali melakukan lemparan ke dalam jarak jauh yang merepotkan pertahanan Vietnam.

Di menit 110, Ramadhan Sananta yang sudah one on one dengan kiper gagal menyelesaikan peluang. Demikian juga dengan Frengky Misa yang masih belum bisa menjebol gawang Quan Van Chuan.

Pertandingan akhirnya ditentukan dengan adu penalti. Di sini, penendang Vietnam dan Indonesia selalu bisa memasukkan bola hingga skor 5-5.

Namun, Ernando Ari yang maju sebagai eksekutor keenam Indonesia gagal menuntaskan tugasnya. Tendangan terlalu lemah dan bisa digagalkan kiper Vietnam Quan Van Chuan.

Kemenangan Vietnam akhirnya ditentukan oleh eksekusi Thai Ba Dat. Vietnam mempertahankan gelar Piala AFF U-23 sekaligus gelar keduanya setelah 2022.

Susunan Pemain

Vietnam: Quan Van Chuan, Luong Duy Cuong, Nguyen Ngoc Thang (Le Nguyen Hoang 90'), Tran Nam Hai, Vo Hoang Minh Khoa (Nguyen Dang Duong 79'), Dinh Xuan Tien, Nguyen Duc Viet, Nguyen Minh Quang (Thai Ba Dat 114'), Nguyen Quoc Viet (Le Dinh Long Vu 90'), Pham Dinh Duy (Nguyen Phi Hoang 90'), Khuat Van Khang (Nguyen Hong Phuc 79').

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi, Alfeandra Dewangga, Muhammad Ferrari, Kadek Arel Priyatna, Haykal Alhafiz, Beckham Putra (Esal Sahrul Muhrom 90'), Rifki Dwi Septiawan (Frengky Missa 87'), Arkhan Fikri, Robi Darwis, Abdul Rahman (Jeam Kelly Sroyer 46'), M Ragil (Ramadhan Sananta 46').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya