Kalah Tipis dari Korsel, Timnas Indonesia U-17 Fokus ke Pertahanan

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti
Sumber :
  • Pssi.org

Bekasi – Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti menyebut pertandingan uji coba melawan Timnas Korea Selatan (Korsel) yang dimainkan pada Rabu malam 31 Agustus 2023, memang lebih difokuskan untuk menguji pertahanan tim asuhannya.

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Irak Malam Ini

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, itu, timnas Indonesia U 17 memang dipaksa lebih banyak bertahan oleh tamunya. Korsel pun kemudian keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 berkat gol Baek Ga-on pada menit ke-66.

"Kita memang fokus ke pertahanan, kita sempat dua minggu seperti pernah saya sampaikan kemarin kita dua minggu di Solo, kemudian seminggu kemarin di Jakarta. pertahanan terus latihan, kemudian dua minggu kita latihan serangan," kata Bima pada konferensi pers seusai pertandingan.

5 Potret Rafael Struick Pemain Timnas Indonesia Keturunan Belanda Idola Para Wanita

Adapun untuk sektor serangan, Bima mengingatkan bahwa dibutuhkan kecocokan di antara para pemain. Keberadaan Arkhan Kaka yang dimasukkan sebagai pemain pengganti pada babak kedua, juga belum banyak membantu karena sang pemain belum lama bergabung di timnas U-17.

Pemain Timnas Indonesia U-17

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia
Jeritan Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak

"Apalagi Kaka juga baru bergabung tadi malam dan dari mulai di Solo sampai tadi malam dia gak pernah ikut latihan sama kita, tapi karena kita tadi butuh tenaga dia, kita pasang dia," ujar mantan pemain PSSI Primavera itu.

Bima mengakui bahwa pemainnya beberapa kali melakukan kesalahan yang tidak perlu, dan berpotensi merugikan timnya. Untuk itu, ia dengan bantuan Frank Wormuth dan tim kepelatihan akan terus memperbaiki kesalahan-kesalahan itu, saat timnas U-17 melakukan pemusatan latihan di Jerman September mendatang.

"Memang tadi saya mengingatkan ke pemain, memang kita tadi juga ada disampaikan oleh Pak Erick (Thohir) juga, kita banyak kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dan kesalahan-kesalahan individu, dan itu yang menjadi pembelajaran buat kita ke depannya," ucap Bima.

Tim besutan Bima memang masih akan menjalani sejumlah pertandingan uji coba di Jerman sebelum menghadapi ajang besar Piala Dunia U-17. Meski demikian, Bima meyakini bahwa pemain-pemain yang dimainkan pada pertandingan ujicoba melawan Korsel dapat disebut sebagai kerangka tim untuk turnamen akbar yang akan berlangsung November mendatang.

"Untuk pemain-pemain yang main tadi, di babak pertama maupun kedua, ya itulah menjadi tulang punggung di tim kita. Kerangka tim kita," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya