Kunci Fernando Valente Bawa Arema FC Bangkit dari Dasar Klasemen

Pelatih Arema FC, Fernando Valente
Sumber :
  • Dok. Arema FC

Gianyar – Arema FC sebelumnya tidak pernah meraih kemenangan di sembilan laga awal Liga 1. Singo Edan pun terjebak di dasar klasemen karena raihan hasil buruk itu. 

Umuh Muchtar Janjikan Bonus Berlipat Jika Persib Bandung Juara Liga 1

Pergantian pelatih dilakukan, Joko Susilo dipecat. Manajemen mendatangkan pelatih asal Portugal Fernando Valente. Sesuai ekspektasi manajemen Valente mampu mengubah situasi dengan cepat. Dua laga yang dia jalani mampu diselesaikan dengan catatan kemenangan. 

Pelatih berusia 64 tahun ini pun membeberkan kunci keberhasilan dirinya mengembalikan kepercayaan diri pemain Arema FC. Keseimbangan dalam tim menjadi salah satu faktor kunci dirinya mampu membawa Arema FC bangkit sekaligus keluar dari dasar klasemen.

Ribuan Bobotoh Bakar Semangat Persib Bandung Jelang Lawan Bali United

"Permainan sepak bola ini tentang keseimbangan, dan tentu saja perbedaan di tangan saya adalah saya mampu menyeimbangkan tim," kata Valente. 

Mantan pelatih Estoril U-23 ini meminta para pemain harus mampu menjaga area pertahanan dari serangan lawan. Saat mereka mampu menguasai bola dia meminta pemain selama mungkin menguasai permainan. Kolektivitas inilah yang menjadi strategi Valente membawa bangkit Arema FC. 

Lawan Bali United Pindah Venue dan Tanpa Penonton, Begini Kata Pelatih Persib Bandung

"Pada saat kita tidak punya bola kita berusaha melindungi gawang. Pada saat kita menyerang semua pemain paham bagaimana menjalankan tugasnya. Dan pada saat kita bertahan pemain harus siap untuk bertahan. Karena bertahan tentang organisasi, tentang komunikasi, tentang memenangkan duel satu lawan satu," ujar Valente. 

Selebrasi pemain Arema FC

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

"Saat kita memenangkan duel, pemain tidak boleh merasa sendirian karena ide kita adalah ide soal kolektivitas tim. Jadi saat kita bermain dengan bola sepanjang waktu kita punya peluang mencetak gol. Karena saat kita memegang bola lawan tidak bisa mencetak gol," tambahnya. 

Laga terdekat Arema FC akan menghadapi Persita Tang erang. Duel antara Singo Edan kontra Pendekar Cisadane akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. 

Laga melawan Persita adalah pertandingan ketiga bagi Valente bersama Arema FC. Dia ingin kembali memenangkan pertandingan demi menjaga tren positif di 2 laga terakhir. 

"Tentu saja di pertandingan kita berusaha menjaga keseimbangan itu. Menjaga keseimbangan organisasi kita dan itu bukan berarti kita tidak bisa kemasukan gol. Yang saya mau adalah bagaimana kita mencoba untuk mencetak gol itu adalah tujuan kita. Jadi di sepak bola tim harus fokus untuk mencetak gol jadi buat saya kita menang 5-4 atau berapapun skornya yang penting menang itulah yang lebih penting," tutur Valente. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya