Pengamat Nilai Sepakbola Indonesia Lebih Baik di Zaman Erick Thohir

Timnas Indonesia U-22 meraih emas SEA Games 2023
Sumber :
  • Instagram @pssi

VIVA – Pengamat sepakbola nasional, Akmal Marhali menilai bersama ketua PSSI saat ini, Erick Thohir,  sepakbola Indonesia lebih baik daripada periodes sebelumnya.

Duet Anindya Bakrie dan Erick Thohir Bawa Oxford United Sabet Tiket Playoff

Hal tersebut diungkapkan dalam acara pemaparan rilis hasil survei Nasional LSI "Sepak bola, Isi Nasional dan Pilihan Politik" yang digelar Rabu 4 Oktober 2023.

Tolak ukurnya menurut Akmal yang juga koordinator Save Our Soccer (SOS) adalah prestasi timnas sepakbola Indonesia. 

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

"Pada tahun 2023 ini di bawah kepemimpinan Erick Thohir, Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja, menempati peringkat dua Piala AFF U-23, serta lolos ke Piala Asia U-23 di Qatar tahun depan," kata Akmal.

Namun Akmal mengingatkan kepengurusan PSSI saat ini, bahwa ada bom waktu yang bisa meruntuhkan ataupun menjatuhkan sepak bola Indonesia yang saat ini transformasi nya sudah berjalan dengan apa yang diharapkan.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Faktor pertama yang bisa menjatuhkan sepak bola Indonesia menurut Akmal adalah pengurus PSSI itu sendiri. 

"Jika pengurus tidak mampu menjalankan amanah sesuai keinginan publik, seperti adanya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Pengurus PSSI harus punya visi yang sama memajukan sepak bola Indonesia. Sepakbola tanpa rekayasa, sepak bola tanpa mafia."

Hal kedua yang bisa menjatuhkan sepak bola adalah Kompetisi, menurut Akmal saat ini Liga sepak bola dari Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 sedang berjalan. "Problem wasit, jadwal pertandingan yang bentrok dengan Timnas harus terus menerus dievaluasi dan diperbaiki kedepannya."

Pemberantasan mafia sepak bola adalah faktor ketiga yang dapat meruntuhkan sepak bola lanjut Akmal. "Pembentukan Satgas Anti-mafia Sepak bola jangan sekedar jargon. 

Diharapkan akan ada eksekusi. Sudah jadi rahasia umum, kalau ada kekuatan yang bisa mengatur hasil sebuah pertandingan, siapa klub yang degradasi, siapa klub yang promosi hingga siapa klub yang juara."

Kericuhan atau tawuran suporter juga menjadi faktor yang bisa menjatuhkan sepak bola. Namun saat ini komunikasi PSSI dengan suporter dan klub berjalan cukup baik.

Faktor terakhir yang bisa menjatuhkan sepak bola adalah prestasi Timnas Indonesia. "Saat ini sudah cukup baik, kedepannya tentu masyarakat berharap prestasi timnas Indonesia menjadi lebih baik lagi," ungkap Akmal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya