Yang Masih Ragukan Shin Tae-yong Mesti Dengar Apa Kata Elkan Baggott Ini

Elkan Baggott
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Elkan Baggott mengakui Timnas Indonesia berkembang pesat di tangan Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu memberi dampak bagus untuk perkembangan sepakbola Tanah Air.

Final Liga Champions Asia: Tim Besutan Harry Kewell Tundukkan Hernan Crespo

Elkan Baggott mengatakan itu bukannya tanpa alasan. Dia merasa tim terus berkembang sejak dari debut internasionalnya melawan Afghanistan pada 16 November 2021.

“Saya melihat dari segi performa telah banyak berubah,” kata pemain kelahiran Thailand tersebut.

Ernando Ari Bersyukur dengan Pencapaian Timnas Indonesia U-23 tapi Belum Puas

Shin Tae-yong

Photo :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Saat Elkan menjalani debut, Timnas Indonesia ada di urutan 166 ranking FIFA. Setelah berjalan nyaris dua tahun, ada kenaikan hingga ke peringkat 147.

Kondisi Terbaru Witan Sulaeman Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Menurut bek yang sudah menjalani 16 pertandingan bersama Timnas Indonesia itu, perkembangan positif tak lepas dari mulainya pemain memahami taktik dari Shin Tae-yong.

“Saya pikir sekarang semua orang berada dalam kondisi fisik yang lebih baik. Dan kami memiliki pemahaman taktis tentang bagaimana pelatih ingin bermain,” tutur Elkan.

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggot

Photo :
  • pssi.org

“Saya pikir semakin banyak waktu yang kami habiskan bersamanya, semakin kami memahami dan mencoba menggunakan saran dan taktiknya,” imbuhnya.

Shin Tae-yong yang menangani Indonesia sejak Januari 2020 tak cuma mendapat dukungan dari para pemain. Pecinta sepakbola Indonesia juga banyak yang berharap PSSI tetap percaya kepada sang juru taktik.

Karena dari pengamatan banyak orang, performa dan cara bermain Indonesia mulai dari senior hingga kelompok umur mengalami kemajuan. Shin Tae-yong juga berani memberi kesempatan kepada pemain muda, dan kini sebagian dari mereka bersinar.

Pelatih berusia 52 tahun itu sekarang sedang dalam upaya membawa Indonesia berbicara banyak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Langkah awalnya adalah melawan Brunei Darussalam pada babak pertama yang berlangsung pada 12 dan 17 Oktober 2023. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya