3 Pelatih Klub Sumatera Utara Hengkang Mendadak, Ini Penyebabnya

Pelatih Sada Sumut FC, Suharto AD
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Medan – Putaran pertama Grup 1 Liga 2 Indonesia musim 2023/2024, membuat tim sepakbola asal Sumatera Utara, yakni PSMS Medan, PSDS Deli Serdang, Sada Sumut FC harus bekerja keras, untuk mengumpulkan poin di setiap laga.

Berpeluang Didukung Gerindra di Pilgub Sumut 2024, Bobby Nasution Bilang Begini

Hasil yang tidak memuaskan membuat, para juru taktik ketiga klub sepakbola itu mengundurkan diri. Berikut VIVA merangkum sang pelatih, yang harus mengundurkan diri dari klub yang mereka pimpin tersebut.

Pertama Pelatih PSMS Medan, Ridwan Saragih mengundurkan diri juru taktik ayam kinantan, Rabu malam, 4 Oktober 2023. Pengunduran diri, karena menolak harus duet bersama Miftahudin Mukson sebagai pelatih. Kini, coach Miftah mengisi posisi Ridwan Saragih.

Pj Gubernur Minta Polisi Usut Video Mirip Sekda Tapanuli Utara Diduga Mesum

"Manajemen meminta saya untuk bekerjasama dengan coach Miftahudin Mukson melatih PSMS Medan. Itu juga yang menjadi pertimbangan saya untuk mundur, lantaran saya merasa tidak mungkin dalam satu kapal ada dua nakhoda," kata Ridwan Saragih kepada wartawan, Kamis 5 Oktober 2023.

Pelatih PSMS Medan Ridwan Saragih

Photo :
  • VIVA/B.S Putra
Kloter Pertama, 360 Jemaah Haji Asal Kabupaten Asahan Berangkat ke Tanah Suci

Di tengah atmosfer tim PSMS yang tengah diselimuti tren positif, mundurnya Ridwan dia nilai sebagai langkah yang paling tepat. Dia berharap, langkah PSMS Medan untuk bisa menembus Liga 1 musim mendatang bisa tercapai.

"Alhamdulillah saya meninggalkan tim (PSMS) daam kondisi yang baik dengan semangat yang sedang tinggi. Saya turut mendoakan semoga PSMS Medan bisa promosi ke Liga 2 musim mendatang," jelas Ridwan Saragih.

Kini, sang mantan pelatih PSMS Medan, berlabuh dan menjadi Pelatih Kepala PSPS Riau. Tim kesayangan warga Kota Medan ini, menutup putaran pertama Liga 2, berada di posisi keempat dengan mengkoleksi 8 poin.

Pelatih PSDS Deli Serdang Susanto mengundurkan diri

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Disisi lain, pasca kelelahan PSDS Deli Serdang 1-2 dari Persiraja Banda Aceh, dalam laga lanjutan Liga 2 Indonesia musim 2023/2024, di Stadion Baharoeddin Siregar, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Sabtu sore, 14 Oktober 2023.

Usai pertandingan tersebut, sang pelatih PSDS, Susanto mengundurkan diri. Karena, ia bertanggungjawab atas kekalahan beberapa pertandingan dialami tim skuad traktor kuning itu.

"Saya secara pribadi pelatih PSDS Deliserdang mengucapkan ribuan maaf kepada stekholder PSDS. Ini sepakbola namanya ada menang, ada kalah dan ada seri," ucap Susanto dalam jumpa pers, usai pertandingan di Stadion Baharoeddin Siregar, Kabupaten Deliserdang, Sabtu sore, 14 Oktober 2023.

Susanto menegaskan keputusan dirinya mundur sebagai pelatih PSDS tidak ada unsur dari tekanan dari pihak mana pun. Namun, malah sebaliknya sebagai bentuk tanggungjawab kegagalan dia menakhodai PSDS untuk tampil lebih baik setiap pertandingan.

"Saya rasa tanggungjawab sebagai pelatih seharusnya, membawa tim ini lebih baik kedepan. Tanggungjawab dari hasil ini (kekalahan lawan Persija)," sebut Susanto.

Susanto mengungkapkan kekalahan dalam laga ini, bukan kesalahan anak-anak asuhnya. Karena, sudah bermain maksimal. Tapi, apa menjadi hasil pertandingan adalah tanggungjawab pelatih.

"Tim sudah bermain maksimal, apa pun (hasilnya) tanggungjawab saya sebagai pelatih," ungkap Susanto.

Posisi Susanto diganti oleh Zefrizal, sesuai keputusan manajemen PSDS. Menutup putaran pertama Liga 2 Indonesia, posisi ketujuh dengan koleksi 4 poin.

Pelatih Sada Sumut FC, Suharto AD

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Terakhir kabar mengejutkan datang Sada Sumut FC dan Coach Suharto AD, memutuskan untuk berpisah. Namun, manajemen menyebutkan bahwa Coach Suharto mengundurkan diri, usai menutup putaran pertama Liga 2 Indonesia ini.

Kabar perpisahan tersebut, disampaikan melalui akun instagram Sada Sumut FC. "Terima Kasih Coach SAD (Suharto AD), Sada Sumut dan Coach Suharto sepakat untuk berpisah usai putaran pertama Liga 2 2023/2024," tulis sadasumut.fc melalui akun instagramnya, dikutip VIVA Medan, Kamis siang, 26 Oktober 2023.

Dalam postingan tersebut, Sada Sumut menyampaikan bahwa Coach Suharto merupakan Pelatih Kepala yang mengantar Laskar Simbisa ke Liga 2. "Ngeyel" akan menjadi karakter yang akan selalu melekat bagi Perjuangan Sada.

"Spirit perjuangan yang ditanamkan buat Laskar Simbisa, akan terus dipupuk sebagai kekuatan dalam meraih kemenangan selanjutnya. Sukses dan Sehat dimana pun berada Coach!," tulis kembali Sada Sumut FC.

Di putaran pertama Grup 1 Liga 2 Indonesia musim 2023/2024. Sada Sumut FC ditangani Suharto AD menduduki posisi ke-6 dengan mengkoleksi 4 poin.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya