Jordi Amat, Jebolan Piala Dunia U-17 yang Kini Jadi Andalan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia vs Burundi, pemain rayakan gol Jordi Amat
Sumber :
  • Twitter: PSSI

Jakarta – Dua hari lagi, Piala Dunia U 17 2023 akan digelar. Event ini bakal digelar di empat kota di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Piala Dunia U-17 dikenal sebagai ajang yang melahirkan bintang-bintang dunia. Ada Toni Kroos, Neymar, Phil Foden, Pedri dan masih banyak lagi bintang lainnya.

Ternyata, bek andalan Timnas Indonesia, Jordi Amat pernah mencicipi Piala Dunia U-17. Amat menjadi bagian Timnas Spanyol U-17 di Piala Dunia 2009 yang digelar di Nigeria.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Saat itu, Jordi Amat satu tim dengan sederet bintang Timnas Spanyol dari mulai Isco, Sergi Roberto, Koke dan Alvaro Morata.

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic, Marc Klok dan Jordi Amat

Photo :
  • ANTARA/Bayu Kuncahyo
Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Spanyol keluar sebagai peringkat ketiga Piala Dunia U-17 2009. Dalam duel perebutan tempat ketiga, mereka menang tipis 1-0 atas Kolombia.

Jordi Amat sendiri sempat memperkuat Spanyol di berbagai level usia, dari mulai U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-21. Dia juga pernah memperkuat Timnas Catalonia.

Namun, Jordi Amat tidak sekalipun tampil bersama Timnas Spanyol senior. Hingga akhirnya dia dinaturalisasi dan menjadi andalah Timnas Indonesia sejak November 2022. Bersama Indonesia, Amat mencetak satu gol dari delapan pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya