Terungkap, Alasan Justin Hubner Sempat Hentikan Proses Naturalisasi hingga Dihujat Netizen

Justin Hubner
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Justin Hubner kini sudah resmi menjadi warga negara Indonesia. Itu setelah dirinya mengungkapkan janji setia dan sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Bisa dibilang, proses naturalisasi pemain Wolverhampton Wanderers U-21 ini cukup berliku. Sebab, sebelumnya, proses naturalisasi patah di jalan.

Awalnya, Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner, dinaturalisasi untuk memperkuat timnas U-20 Indonesia pada Piala Dunia U-20 2023.

Cara Nonton Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Akan tetapi, rencana tersebut urung terlaksana usai FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia.

Tak lama setelah itu, Hubner seakan menolak dan lebih memilih Belanda. Hal itu dipertegas dengan Hubner gabung Timnas Belanda U-21 saat proses naturalisasi berjalan.

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea

Saat itu, keputusan Huber pun mendapatkan reaksi negatif dari netizen pecinta sepakbola Indonesia.

Namun, berselang beberapa waktu, PSSI secara mengejutkan mengumumkan bahwa proses naturalisasi sang pemain dilanjutkan. Dan akhirnya, kini dia sudah menjadi WNI dan berpeluang membela Timnas Indonesia.

Terkait situasi yang membuat proses naturalisasinya berhenti waktu itu, Hubner mengakui bahwa dirinya masih berpikir keras. 


"Tentu saja rasanya sulit juga. Sangat sulit untuk membuat keputusan. Tapi saya selalu mengatakan bahwa saya ingin bermain untuk Indonesia," kata Huber kepada awak media.

"Saya masih agak muda dan saya perlu waktu untuk memikirkannya.Dan ya, saya punya waktu sekarang. Saya merasa baik sekarang dan sudah siap membela Timnas Indonesia," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Hubner mengungkapkan alasan pada akhirnya dia memilih menjadi WNI."Saya merasa Indonesia punya suporter yang lebih besar dari Belanda. Saya berpikir kami punya generasi yang bagus," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya