PSPS 'Sempat Mogok' Bertanding Saat Melawan PSMS, Berpotensi Kena Sanksi

PSMS vs PSPS di Stadion Baharoeddin Siregar
Sumber :
  • Dokumentasi PSMS Medan

MEDAN – Dalam laga, PSMS Medan saat menjamu PSPS Riau di Stadion Baharoeddin Siregar, Kabupaten Deliserdang, berakhir imbang dengan skor 0-0, Sabtu sore, 9 Desember 2023. Laga tersebut, tim tamu 'sempat mogok' bertanding.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Seharusnya, kick off dimulai pukul 15.30 WIB. Namun, tim tamu tidak mau turun ke lapangan. Ternyata, dipermasalahkan adalah wasit pemimpin pertandingan itu, bernama Ridwan Pahala. 

Manajemen PSPS Riau, melakukan protes terhadap wasit tersebut, dalam surat protes yang dilayangkan PSPS, disebutkan wasit itu masih dalam masa hukuman Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Meski diprotes, Ridwan Pahala tetap memimpin pertandingan itu, dan skuat tim PSPS melanjutkan pertandingan dengan kick off dimulai pukul 16.05 WIB.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Hal itu, membuat Chief Executive Officer (CEO) PSPS, Efendi Saputra dan Manajer Edward Riansyah mengungkapkan protes dan menolak bertanding. 

Match Commisioner, Bambang, yang sempat tak bisa memutuskan kondisi tersebut akhirnya memanggil tim PSPS Riau segera masuk ke lapangan untuk memulai pertandingan yang akhirnya pertandingan dimulai. 

Sementara, tim PSMS Medan sudah melakukan pemanasan di lapangan stadion sejak waktu awal kick-off pertandingan.

Aksi PSPS Riau tersebut berpeluang mendapatkan sanksi. Seperti tertuang dalam regulasi, Pasal 16 tentang Pertandingan Terhenti Karena Klub Menolak Bertanding yang berbunyi "Apabila Pertandingan dihentikan oleh wasit sebelum berakhirnya durasi normal Pertandingan karena Klub menolak untuk melanjutkan Pertandingan atau meninggalkan lapangan permainan sebelum Pertandingan selesai, maka pertandingan dinyatakan selesai.

Duel PSMS Medan vs PSPS Riau

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

LIB kemudian akan menyatakan dan memutuskan Klub lawan menang 3-0 atau apabila pada saat Pertandingan dihentikan Klub bersangkutan kalah dengan selisih gol yang lebih besar, hasil ini yang berlaku sebagai hasil akhir" demikian isi pasal tersebut.

Kendati situasi sedikit berbeda, seperti diketahui pemain PSMS Medan sudah berada di lapangan pertandingan untuk bertanding, sementara itu, pemain PSPS baru masuk ke lapangan pertandingan pada pukul 16.02 WIB.

Apa lagi, tidak ada alasan force majeure yang membenarkan pertandingan tersebut ditunda atau dibatalkan.

Yang menjadi semakin aneh, setelah sebelumnya menolak bertanding hingga lebih dari 30 menit, PSPS Riau akhirnya keluar dari ruang ganti menuju lapangan stadion untuk menggelar pertandingan. Padahal pertandingan tidak seharusnya ditunda karena alasan protes soal wasit yang memimpin pertandingan. 

Tim PSPS Riau harusnya bisa menempuh jalur pelaporan kepada PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) memprotes penugasan wasit Ridwan Pahala, sambil tetap bertanding sesuai jadwal.

Kondisi tersebut pun tak ayal berpengaruh pada psikis pemain, khususnya tuan rumah PSMS Medan. Kapten PSMS Medan, Rachmad Hidayat menyebut, aksi PSPS tersebut berpengaruh kepada dirinya dan punggawa PSMS lainnya.

"Pertandingan sulit hari ini, terlalu banyak drama. Terus sudah (saat) main pun terlalu banyak drama, banyak stop. Susah anak-anak main banyak stop, seperti ketakutan kalah mereka (PSPS)," ucapnya, usai pertandingan, Sabtu malam, 9 Desember 2023.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya