Ketum PSSI Erick Thohir Apresiasi Sikap Presiden Jokowi dan Kapolri Sikat Habis Mafia Bola

Presiden Jokowi, Ketum PSSI Erick Thohir dan Menpora Dito
Sumber :
  • Pssi

VIVA – Langkah hukum tegas pemerintah pada mafia sepakbola mendapat apresiasi. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai dijeratnya sejumlah pelaku utama mafia sepakbola membuktikan komitmen kuat Presiden Jokowi dan Kapolri untuk menata sepak bola Indonesia yang semakin baik. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Apresiasi tinggi kepada Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang membuktikan bahwa pemerintah tak pandang bulu pada mafia sepak bola,” kata Erick.

“Jika dahulu ada yang menanggap mafia sepakbola sebagai sosok yang sulit disentuh, hari ini dibuktikan oleh apartur hukum bahwa semua pelaku telah dan akan disikat habis," ujar Erick dalam keterangannya, Kamis 14 Desember 2023.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Erick mengatakan janji Presiden Jokowi untuk menata sepak bola nasional yang semakin baik terbukti nyata di berbagai sisi.  

Penangkapan dan penetapan tersangka pada pelaku mafia bola adalah salah satu bukti nyata bahwa sepak bola Indonesia sedang menuju pada arah yang semakin baik. 

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

"Dari sisi transparansi,  kita bisa melihat bagaimana aparatur hukum tidak pandang bulu. Saat ada bukti, maka siapapun yang terjerat akan dihukum secara tegas," ujar Erick. 

Transparansi ini juga menjadi salah satu bukti Indonesia yang serius menjalankan amanat FIFA dalam hal transformasi sepak bola. Oleh karena itu, FIFA pun serius menyambut langkah tranformasi sepak bola Indonesia dengan membuat kantor tetap di Indonesia. 

"Komitmen kuat Presiden Jokowi, Kapolri, dan stakeholder lain telah memberi keyakinan pada ekosistem sepak bola dunia. Tak heran FIFA kita membangun kantor tetap di Indonesia. Ini masih ditambah fakta yang menggembirakan bahwa negeri ini terus dipercaya menyelenggarakan agenda besar sepak bola, seperti Piala Dunia U-17," ujar Erick. 

Kepercayaan dunia, kata Erick, bukanlah proses instan. Hal itu tercipta berkat langkah serius pemerintah untuk terlibat nyata dalam menata sepak bola. 

"Termasuk langkah nyata Pemerintah lewat Polri maupun lembaga satgas mafia sepakbola yang menjadi watch dog yang jadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan sepak bola Indonesia yang lebih transparan, profesional, dan maju," ujar Erick.

Sebelumnya, Polri dan Satgas Mafia Sepakbola telah membongkar sejumlah kasus yang terkait mafia sepak bola. Yang teranyar Kapolri mengumumkan telah menetapkan tersangka pelaku atur skor Liga 2 yang melibatkan klub, wasit, hingga sosok dalam sepakbola nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya