Miris, Timnas Indonesia Babak Belur Menuju Piala Asia 2023

Timnas Indonesia
Sumber :
  • Instagram @timnas.indonesia

VIVA – Timnas Indonesia akan tampil di Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 2007. Skuad Garuda berada di Grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar.

Mengungkap Status Mobil Hadiah yang Diterima Merselino Ferdinand

Saingan Timnas Indonesia mengerikan. Pasukan Shin Tae-yong segrup dengan raksasa Asia yakni Jepang, Irak, dan raja Asia Tenggara, Vietnam.

Untuk tampil di ajang ini, Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Turki. Selama pemusatan latihan, Indonesia menjalani tiga laga uji coba. 

Jawaban Mengejutkan Shin Tae-yong soal Elkan Baggott Tak Gabung Timnas Indonesia U-23

Hasilnya, Timnas Indonesia babak belur. Indonesia tiga kali beruntun mengalami kekalahan. Dua kekalahan diderita dari Libya dalam uji coba di Turki. 

Pada laga perdana yang berlangsung 2 Januari, Indonesia dibantai 0-4. Tiga hari kemudian, Indonesia kalah lagi dari Libya dengan skor 1-2.

Jelang Lawan Guinea, STY Cemas dengan Timnas Indonesia: Lini Belakang Hampir Runtuh

Dan, pada laga uji coba pamungkas, Indonesia kembali menerima kekalahan telak. Kali ini dari Iran dengan skor 5-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Doha, Qatar, 9 Januari 2024.

Pada laga ini, pelatih Shin Tae-yong mempercayakan posisi penjaga gawang kepada Ernando Ari. Kemudian pemain belakang diisi oleh Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho, Pratama Arhan.

Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Justin Hubner di posisi tengah dan  Marcelino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick sebagai penyerang. Hasilnya, Timnas Indonesia tertinggal dengan skor 0-3 di babak pertama. 

Gol-gol Iran dicetak oleh Shaman Ghoddoos 2', Roozbeh Cheshmi 21, Saman Fallah 35. Kemudian, dua gol tambahan di babak kedua oleh Iran dicetak pada menit ke-71' dan 87' oleh Mehdi Ghayedi.

Hasil ini tentu menimbulkan keraguan pada sepak terjang Timnas Indonesia di Piala Asia. Namun, pelatih Shin Tae-yong optimistis timnya bisa lolos ke babak 16 besar.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya