Cara Cerdik Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia

Timnas Indonesia saat melawan Timnas Libya
Sumber :
  • twitter.com/TimnasIndonesia

VIVA – Timnas Indonesia akan tampil di Piala Asia 2023 Qatar yang berlangsung 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Indonoesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baru Tiba di Paris, Alfeandra Dewangga Geber Persiapan Jinakkan Guinea

Meski tergabung di grup yang berat, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis skuad Garuda bisa lolos ke babak 16 besar. Dia bertekad untuk menciptakan sejarah membawa Indonesia untuk pertama kalinya lolos dari fase grup.

Shin Tae-yong realistis membawa Indonesia lolos ke babak 16 besar melalui juara grup dan runner up agak sulit. Namun, dia masih punya cara yakni menjadi peringkat ketiga terbaik.

Timnas Indonesia U-23 dan Guinea Ternyata Punya Kemiripan, Apa Itu?

"Saya lebih senang (timnas Indonesia) lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik, daripada runner-up. Jika kami menghadapi Korea Selatan di babak 16 besar, peluang untuk menang tipis," ujar dia seperti dikutip Sports Seoul.

Memilih lolos dari peringka terbaik juga menjadi strategi untuk menghindari lawan yang lebih sulit di babak 16 besar. Jika menjadi runner up, Indonesia  berpeluang bertemu Korea Selatan.

Kaba Diawara Siapkan 19 Pemain Terbaik Guinea untuk Jegal Timnas Indonesia ke Olimpiade 2024

Berada di Grup E bersama Malaysia, Yordania, dan Bahrain, Son Heung-min dan kawan-kawan diunggulkan melaju sebagai juara grup. Berdasarkan bagan Piala Asia 2023, juara Grup E akan berhadapan dengan runner-up Grup D.

Sementara, apabila timnas Indonesia lolos dengan status peringkat ketiga terbaik Grup D, lawan yang akan dihadapi adalah juara Grup B. Adapun Grup B dihuni oleh Australia, Uzbekistan, Suriah, dan India. 

"Jika kami (lolos) dengan berada di peringkat ketiga, itu akan lebih mudah dibanding melawan Korea Selatan dan layak dicoba," ucap Shin Tae-yong.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya