Jika Hal Ini Tidak Terjadi, Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Kalahkan Irak

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI Pers

VIVA – Timnas Indonesia kalah dari Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023. Bertanding di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin 15 Januari 2024, Indonesia kalah dengan skor 1-3.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Irak membuka keunggulan pada menit ke-17. Berawal dari kesalahan Justin Hubner, Mohamad Ali menggiring bola ke kotak penalti Timnas Indonesia melewati Elkan Baggott. Ali kemudian menceploskan dengan mudah ke ke gawang Ernando.

Setelah gol itu, timnas Indonesia berusaha keluar dari tekanan. Hasilnya, Skuad Garuda menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol Marselino Ferdinan di menit 37.

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

Jelang babak pertama berakhir, Irak kembali unggul menjadi 2-1 di menit 45+7. Gol dicetak oleh Osama Rashid. Gol ketiga Irak tercipta pada menit 75 oleh Aymen Hussein.

Usai pertandingan, Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui Irak menunjukkan dominasi dengan memiliki 60 persen penguasaan bola. Namun, ia tak terima dengan keputusan wasit yang mengesahkan gol kedua Singa Mesopotamia.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Menurutnya, jika hal itu tidak terjadi Timnas Indonesia bisa mendapatkan hasil lebih baik dari Irak. Ia menilai Tim Merah Putih bisa memetik satu poin, bahkan menang. 

"Tidak ada alasan, Irak dominasi pertandingan, mereka lebih baik dari kami, itu benar. Tetapi jika tidak ada gol kedua yang merupakan kesalahan wasit, dan saya masih tidak bisa menerima," kata Shin.

"Saya pikir kami bisa tetap menampilkan performa (bagus), skor mungkin kita bisa imbang atau menang, itu yang saya kira," ujarnya, menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya