7 Pencetak Gol Timnas Indonesia di Piala Asia, Terbaru Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan
Sumber :
  • Media PSSI

Qatar – Timnas Indonesia kalah dari Timnas Irak 1-3 dalam laga perdana Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Qatar Senin 15 Januari 2024.

Kata Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Piala Asia 2023 merupakan kali kelima Indonesia unjuk gigi di kompetisi terbesar benua Asia ini. Sebelumnya Timnas Garuda telah menjalani debut di Piala Asia 1996.

Kemudian, kembali ambil bagian pada tahun 2000, 2004 dan terakhir 2007. Dalam edisi 2007, Indonesia lolos karena menjadi tuan rumah bersama dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Pengamat Sepakbola Asing Sorot Timnas Indonesia: Gaya Main Mereka Langka di Asia

Berikut daftar pemain Timnas Indonesia yang mencetak gol di Piala Asia

1. Piala Asia 1996

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik, Pelatih Arab Saudi Bocorkan Kekuatan Uzbekistan

Timnas Indonesia pertama kali lolos ke Piala Asia pada 1996. Saat itu mereka tergabung di Grup A bersama Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Korea Selatan. Sebanyak empat gol dikemas Indonesia di Piala Asia 1996.

Gol salto Widodo Cahyono Putro

Photo :
  • instagram.com/afcasiancup

Pada laga perdana menghadapi Kuwait di Stadion Syekh Zayed, Abu Dhabi, 4 Desember 1996, Indonesia jadi sorotan setelah unggul dua gol lebih dulu berkat aksi Widodo Cahyono Putro dan Ronny Wabia pada babak pertama.

Gol yang dicetak Widodo lewat tendangan salto pada menit ke-20 kemudian jadi gol terbaik Piala Asia sepanjang masa. Sayangnya, Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2, setelah Kuwait membalas pada babak kedua lewat gol Hani Al-Sager dan Badr Haji.

Dua gol lagi dikemas Indonesia saat takluk 2-4 dari Korea Selatan. Widodo dan Wabia kembali menjadi pencetak golnya.

2. Piala Asia 2004

Piala Asia 2004 Timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Qatar, Bahrain dan China. Saat itu Tim Merah Putih berhasil meraih kemenangan perdana di Piala Asia.

Budi Sudarsono

Photo :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

Kemenangan itu didapat atas Qatar dengan skor 2-1 berkat gol yang dihasilkan Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman. Adapun satu gol lainnya didapat Timnas Indonesia saat kalah dari Bahrain 1-3 lewat sepakan keras Elie Aiboy ke sudut kiri gawang.

 3. Piala Asia 2007

Piala Asia 2007 Indonesia berperan sebagai tuan rumah, kali ini Timnas Garuda tergabung di Grup D bersama Arab Saudi, Korsel, dan Bahrain.

Timnas Indonesia kalahkan Bahrain di Piala Asia 2007

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

Pada pertandingan pertama di edisi ini, Indonesia menang 2-1 atas Bahrain berkat gol dari Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Satu gol lain dicatat Timnas Garuda saat kalah dari Arab Saudi 2-1. Gol Arab dicetak oleh Yasser Al-Qahtani dan Saad Al-Harthi. Sementara Indonesia dicetak Elie Aiboy.

4. Piala Asia 2023

Piala Asia 2023 Indonesia tergabung di Grup D bersama Vietnam, Irak dan Jepang. Dalam laga perdana berhadapan dengan Irak, Timnas Indonesia kalah 1-3 di di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Qatar Senin 15 Januari 2024.

Timnas Indonesia Rakayan Gol Marselino Ferdinan

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Gol kemenangan Irak dicetak Mohanad Ali, Osama Rashid, dan Aymen Hussein sementara Timnas Indonesia sempat menyamakan kedudukan 1-1 berkat gol Marselino Ferdinan di menit ke-36.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya