Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Memuaskan

Timnas Jepang vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Jakarta – Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali mengaku puas dengan perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Meski anak asuh Shin Tae-yong mengalami kekalahan pada laga terakhir Grup D melawan  TimnasJepang dengan skor 1-3, Rabu malam WIB 24 Januari 2024.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Sepanjang pertandingan berlangsung, Jepang terus memberi tekanan. Namun menurut Amali, para pemain sudah coba meladeninya dengan segala kemampuan yang dimiliki.

"Kita sudah lihat bagaimana perjuangan Timnas. Melawan negara dengan peringkat jauh di atas kita, tapi bisa meladeni permainan Jepang," kata Zainudin Amali saat ditemui di Jakarta, Rabu malam WIB 24 Januari 2024.

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Waketum PSSI, Zainudin Amali

Photo :
  • PSSI

Kekalahan dari Jepang ini membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar ditentukan hasil pertandingan negara lain, yakni Bahrain dan Oman. Karena mereka yang menjadi pesaing untuk memperebutkan posisi empat teratas klasemen peringkat ketiga terbaik.

Jadi Sorotan Media Asing, Erick Thohir Tegaskan Timnas Indonesia Akan Terus Terbang Tinggi

Apa yang dilakukan Indonesia di Piala Asia 2023 ini menurut Amali jadi harapan baru. Apalagi sebagian skuad yang ada akan jadi tulang punggung di Piala Asia U-23 2024 nanti.

"Cuma memang, ya ada beberapa kejadian yang seharusnya tidak terjadi, bahkan tadi gol bunuh diri yang terakhir, tapi secara keseluruhan saya melihat bahwa Timnas kita semakin baik performanya, apalagi kemarin sudah mengalahkan Vietnam," tutur Amali.

Marselino Ferdinan, Timnas Jepang vs Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

"Itu saya kira harapan baru buat kita dan ini kan anak-anak ini banyak yang akan main untuk Piala Asia U-23, jadi tentu PSSI berharap kita bisa lanjut lagi walau pun nasib kita ditentukan oleh negara lain. Tapi namanya juga harapan, mudah-mudahan itu akan terwujud," imbuhnya.

"Inilah tidak enaknya nasib kita ditentukan tim lain, karena tidak ada lagi harapan kita kan. Tinggal menunggu Oman vs Kyrgizstan, dan kita berharap mereka bisa imbang, dan itu membuat kita ke babak selanjutnya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya