5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Disingkirkan Timnas Australia di Piala Asia 2023

Timnas Australia vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Qatar - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Australia dengan skor 0-4 dalam babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad pada Minggu malam kemarin, 28 Januari 2024.

Kondisi Terbaru Witan Sulaeman Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Keempat gol Timnas Australia masing-masing dibukukan Elkan Baggott (12' OG), Martin Boyle (45'), Craig Goodwin (89') dan Harry Souttar (90+1'). Sedangkan kekalahan Timnas Indonesia membuat skuad asuhan Shin Tae yong tersingkir di Piala Asia 2023.

Berikut beberapa fakta menarik duel Timnas Australia vs Timnas Indonesia:

Cerezo Osaka Vs Vissel Kobe, Justin Hubner Jadi Starter Bareng Eks Gelandang Man Utd

1. Elkan Baggott Ciptakan Gol Bunuh Diri

Elkan Baggott saat berduel dengan kiper Jepang, Zion Suzuki

Photo :
  • HECTOR RETAMAL / AFP
Shin Tae-yong Hembuskan Angin Surga soal Masa Depan Sepakbola Indonesia

Timnas Indonesia harus kecolongan di menit ke 12 berkat gol bunuh diri dari Elkan Baggott. Berawal dari umpan silang yang dilakukan Jackson Irvine, namun bola menyentuh kaki Baggot yang mengharuskan bola masuk ke gawangnya sendiri.

2. Timnas Australia Melangkah ke Perempat Final

Duel Timnas Australia vs Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Kemenangan atas Timnas Indonesia memastikan Timnas Australia melangkah ke babak Perempat Final Piala Asia 2023. Mereka akan menghadapi antara Korea Selatan atau Arab Saudi yang akan bermain pada Selasa mendatang.

3. Timnas Indonesia Tidak Banyak Melakukan Pergantian

Rizky Ridho, pemain Timnas Indonesia

Photo :
  • Instagram.com/pssi

Saat menghadapi Timnas Australia, Timnas Indonesia tidak banyak melakukan pergantian pemain. Tercatatan skuad asuhan Shin Tae yong hanya melakukan pergantian pemain dua kali yaitu memasukan Witan Sulaeman dan Rizky Ridho. Berbeda dengan Timnas Australia dengan melakukan lima pergantian pemain.

4. Kalah Postur Tubuh

Duel Timnas Australia vs Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Timnas Indonesia tampaknya kalah dari postur tubuh Timnas Australia. Hal tersebut terlihat dari dua gol terakhir yang diciptakan oleh Australia yang berawal dari skema umpan lambung.

5. Jackson Irvine Terbaik

Duel Timnas Australia vs Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Jackson Irvine mampu bermain dengan apik di lini tengah Timnas Australia. Meskipun dalam laga tersebut ia tidak mencetak gol ataupun assist. Namun gol pertama Australia berkat dirinya yang membuat Elkan Baggott melakukan gol bunuh diri. Atas penampilan gemilangnya membuat ia terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya