AFC Puji Aksi Memukau Rafael Struick: Sentuhan Berkelas!

Duel Timnas Australia vs Timnas Indinesia
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Qatar – Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 terhenti usai ditekuk Australia dengan skor telak 0-4 dalam babak 16 besar di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, Minggu 28 Januari 2023.

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Kendati menelan kekalahan, penampilan luar biasa anak-anak asuh Shin Tae yong dalam laga tersebut mendapat pujian dari AFC.

Duel Timnas Australia vs Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi
Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final

Khususnya terkait peluang yang dihasilkan dari sontekan Rafael Struick usai meneruskan umpan silang Justin Hubner, sayang bola masih sedikit melambung di atas mistar gawang.

Hubner yang kala itu dijaga oleh Keanu Baccus berhasil memberikan umpan ke Rafael Struick yang sudah menunggu di depan gawang. Bek Australis, Harry Souttar tak mampu menahan aksi cerdik Struick yang langsung menembak dengan cepat ke arah kiper Australia, Mathew Ryan.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Penyesalan terlihat jelas di wajah Struick. Dia langsung meminta maaf kepada Hubner dengan melambaikan tangan karena belum mampu mengkonversi umpan cantik tersebut menjadi gol. Hubner merespons dengan melambaikan tangan dan mengacungkan jempol ke arah Struick.

Gethin Jones saat Australia vs Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Terkait kerjasama dua pemain tersebut, AFC melalui akun X mereka @afcasiancup menuliskan bahwa Rafael Struick pantas mendapatkan atensi lebih berkat aksi sentuhan berkelasnya menembus pertahanan Australia.

"A touch of class from Indonesia Rafael Struik that deserved more!" tulis AFC dikutip Senin, 29 Januari 2024.

Bukan cuma itu, Struick juga menjadi sorotan karena membuat pemain Australia, Jones tersulut emosi yang terjadi pada menit ke-65. Akibat insiden ini, keributan terjadi di lapangan. Beruntung wasit dapat meredam ketegangan dengan memberi Gethin Jones kartu kuning.


Source : AP Photo/Aijaz Rahi

Sebagai informasi, Timnas Australia membuka keunggulan pada menit 12 melalui gol bunuh diri Elkan Baggott. Tendangan Jackson Irvine berbelok terkena kaki pemain jangkung itu sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tiga gol lain berhasil dicetak Australia berkat Martin Boyle di menit 45, Craig Goodwin menit 89 dan Harry Souttar pada menit 90+1.

Dengan demikian, Australia melaju ke perempatfinal Piala Asia 2023. Mereka menanti siapa pemenang antara Timnas Korea Selatan melawan Timnas Arab Saudi yang baru akan digelar pada Selasa 30 Januari 2024 malam WIB.

Gethin Jones saat Australia vs Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya