Usai Bantai Timnas Indonesia, Australia Gugur dari Piala Asia 2023

Australia vs Korea Selatan di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA – Australia gugur di babak perempatfinal Piala Asia 2023 usai dikalahkan Korea Selatan secara menyakitkan. Australia terkena comeback 1-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Jumat malam WIB, 2 Februari 2024.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Korea Selatan sempat mencetak gol pada menit ke-32 melalui Hwang Hee-chan. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena  Seol Yaoung-woo sudah lebih dulu offside sebelum mengumpan bola kepada Hwang. 

Justru Australia bisa mencetak gol pertama yang dicetak Craig Goodwin dan mengubah skor jadi 1-0 pada menit ke-42. Keunggulan tim Kangguru bertahan hingga jeda. Di babak kedua, 

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Duel semakin seru.  Pada menit ke-60 Korea mengancam. Hanya saja upaya dari Hwang Hee-chan masih bisa diamankan Mathem Ryan.

Australia yang sudah begitu dekat dengan kemenangan justru harus menerima kenyataan pahit. Pelanggaran Lewis Miller kepada Son Heung-min membuat wasit menunjuk titik penalti pada menit ke-90+4.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Hee-chan maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugas dengan sempurna untuk membuat skor jadi 1-1. Skor imbang bertahan hingga waktu normal berakhir dan pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak tambahan, Son Heung-min keluar sebagai pahlawan bagi Korea Selatan. Karena penyerang Tottenham Hotspur itu berhasil membobol gawang Australia pada menit 104. 

Dalam keadaan tertinggal, Australia harus kehilangan satu pemain. Aiden O'Neill diusir keluar oleh wasit, dan membuat tim bertambah sulit untuk mencetak gol ke gawang Korea Selatan lagi. 

Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan usai, keunggulan Korea Selatan masih bertahan. Di babak semifinal, mereka akan berhadapan dengan Yordania yang di laga sebelumnya mengalahkan Tajikistan. 

Sementara Australia harus angkat koper dari Qatar. Padahal, sebelum melawan Korsel, mereka tampil meyakinkan dengan menang besar di babak 16 besar atas Timnas Indonesia.

Gol bunuh diri Elkan Baggott di menit ke-12 membuat mereka unggul sebelum Martin Boyle menggandakan keunggulan di penghujung babak pertama. Craig Goodwin dan Harry Souttar mencetak gol di akhir pertandingan untuk menambah kilau pada skor.. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya