Shin Tae-yong: Sekarang Kita Buktikan, Menang di Hanoi!

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Timnas Indonesia akan menjalani lawatan ke My Dinh National Stadium, Hanoi untuk menghadapi Timnas Vietnam dalam pertandingan keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa 26 Maret 2024. Ini akan jadi duel sulit bagi skuad asuhan Shin Tae-yong.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Bukan tanpa alasan duel tersebut bakal sulit, meski Timnas Indonesia punya bekal kepercayaan diri usai menang 1-0 atas Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Kamis malam WIB 21 Maret 2024 dengan skor 1-0.

Data pertemuan menunjukkan, dalam 20 tahun terakhir, Skuad Garuda tak pernah mengecap kemenangan ketika melawat ke Hanoi. Bayang-bayang keperkasaan tuan rumah menghantui jelang laga tersebut.

Cara Nonton Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Shin Tae-yong sebagai pemimpin tim ingin mengusir bayang-bayang buruk tersebut. Dia menegaskan, pada pertandingan nanti, akan dibuktikan jika Indonesia bisa memutus tren negatif tersebut.

Timnas Indonesia vs Vietnam

Photo :
  • PSSI
Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea

"Indonesia tidak pernah menang di Hanoi. Kalau begitu sekarang saya akan membuktikan, bahwa kita akan menang di Hanoi," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

Terakhir kali Indonesia melawat ke My Dinh National Stadium pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Marselino Ferdinan yang ketika itu ada dalam skuad mengingat, tuan rumah bisa membuka keunggulan ketika pertandingan baru berjalan tiga menit.

Menurutnya itu tak lepas dari kurangnya konsentrasi tim di awal. Dan mereka sulit bangkit hingga harus menerima kenyataan kalah dengan skor dua gol tanpa balas, dan gagal ke final.

Diakui mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut, bermain di Hanoi tidaklah mudah. Dia dan rekan setim sudah berbicara mengenai hal ini, dan sepakat untuk bermain sebaik mungkin.

"Kalian semua tahu di AFF 2022 saya memang main di Hanoi. Memang kami kebobolan cepat saat itu, karena memang kami kurang fokus juga," tutur Marselino.

"Jadi kami antisipasi semua dan kami semua sudah ngobrol, mengubah mindset bahwa main di Hanoi itu segampang itu. Kami harus fokus untuk pertandingan selanjutnya dan kami harap bisa menangkan pertandingan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya