Shin Tae-yong Jawab Kritik untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia vs Vietnam
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Timnas Indonesia berhasil mengamankan tiga angka saat menjamu Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis malam WIB 21 Maret 2024. Skuad Garuda menang dengan skor 1-0.

Mantan Kiper Arsenal Kritik Saka yang Sering Akting Kesakitan

Gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri ketika pertandingan memasuki menit 52. Namun di balik kemenangan tersebut, ada kritik yang dialamatkan kepada skuad asuhan Shin Tae-yong.

Kritik lebih diarahkan kepada performa di babak pertama. Di mana Indonesia lebih banyak ditekan oleh Vietnam. Ketika coba melancarkan serangan balik, upaya tuan rumah mudah dipatahkan.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Performa di babak pertama itu kemudian dibandingkan dengan pertandingan di babak 16 besar Piala Asia 2023 menghadapi Australia. Meski kalah, tapi penampilan Rizky Ridho dan kawan-kawan bagus.

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Photo :
  • PSSI
Cara Nonton Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea di Playoff Olimpiade 2024

Shin Tae-yong menjawab kritik tersebut dengan alasan kurangnya persiapan untuk menghadapi Timnas Vietnam kali ini. Karena mereka cuma punya waktu tiga hari persiapan.

Sementara ketika akan main di Piala Asia 2023, para pemainnya lebih dulu dikumpulkan di Turki selama 20 hari. Mereka latihan dan beruji coba selama masa persiapan tersebut.

"Piala Asia kami latihan 20 hari di Turki, sehingga bisa tampil bagus. Tapi yang sekarang ada dari Eropa dan Indonesia, lalu kumpul tiga hari langsung main," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

Shin Tae-yong mengatakan, untuk menerapkan taktik secara menyeluruh ke tim dibutuhkan waktu. Dan untuk menghadapi Vietnam kali ini, hal itu tak mereka dapatkan.

"Untuk penerapan taktik memerlukan waktu dan untuk Timnas Indonesia kali ini waktunya kurang," tutur juru taktik asal Korea Selatan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya