5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Hajar Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia membuat Vietnam pulang dengan tangan hampa dalam lawatannya ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis 21 Maret 2024.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Skuad Garuda berhasil meraih kemenangan dengan skor 1-0. Egy Maulana VIkri menjadi pembeda usai mencetak gol pada menit ke-59.

Usai pertandingan, terdapat sejumlah fakta menarik yang diciptakan Timnas Indonesia. Seperti apa? Berikut rangkumannya.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

1. Philippe Troussier Tak Pernah Menang Lawan Timnas Indonesia

Philippe Troussier masih belum bisa menang atas Timnas Indonesia. Dia kalah dalam empat pertemuan kontra skuad Garuda. Kekalahan pertama tersaji saat tim asuhannya, Qatar, kalah 1-2 dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2004.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Kekalahan kedua didapat ketika Timnas Vietnam U-22 tumbang 2-3 dari Timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2023. 

Kemudian, kekalahan ketiga dan keempat tersaji di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan skor 0-1.

2. Menang Setelah 20 Tahun

Bagi Timnas Indonesia ini merupakan kemenangan pertama Kualifikasi Piala Dunia (Fase Grup) dalam 20 tahun terakhir. 

Terakhir kali Indonesia menang di Kualifikasi Piala Dunia pada matchday pamungkas Grup 8 Kualifikasi Piala Dunia 2006 zona Asia.

Menjamu Turkmenistan di SUGBK pada 17 November 2004, Timnas Indonesia menang 3-1. Gol-gol Timnas Indonesia dilesakkan Ilham Jayakesuma alias hattrick.

3. Potensi Melesat di Rangking FIFA

Dengan kemenangan ini, Ranking FIFA Timnas Indonesia berpotensi melesat empat posisi dari peringkat 142 ke 138 dunia. Kemenangan atas Vietnam membuat skuad Garuda mendapatkan tambahan 15,37 poin.

Sebanyak empat negara yang bakal digeser Timnas Indonesia adalah Turkmenistan (141), Burundi (140), Filipina (139) dan Lithuania (138)

4. Peringkat 2 Grup F

Dengan tambahan tiga poin, Indonesia naik ke peringkat 2 klasemen Grup F. Timnas Indonesia kini mengoleksi empat angka dari tiga laga, terpaut dua poin dari Irak di puncak klasemen (dengan catatan Irak baru main dua kali).

Sementara dengan Vietnam di posisi tiga, Timnas Indonesia unggul satu angka. Bagaimana dengan Filipina? Timnas Indonesia unggul tiga angka.

5. Kemenangan Kedua Beruntun

Ini menjadi kemenangan kedua secara beruntun yang diraih Timnas indonesia atas Vietnam. Sebelumnya, Indonesia juga menang 1-0 atas Vietnam di Piala Asia 2023 lalu,


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya