Persipura: Harusnya PSSI Dihukum AFC

Kantor PSSI di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Ancaman Saleh Mukadar, Deputi Sekjen PSSI Bidang Kompetisi kepada Persipura Jayapura ditanggapi dingin oleh Ketua Umum Persipura Benhur Tommy Mano.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

Mukadar sebelumnya mengancam Persipura tidak akan bisa mengikuti Liga Champion Asia karena tidak ikut serta dalam kompetisi Indonesia Premier League (IPL), kompetisi yang dikelola oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo (PT LPIS).

"PSSI jangan main ancam dong, tidak mendidik, katanya induk organisasi sepak bola Indonesia mestinya membina, bukan mengancam. Kalau kami memutuskan tidak ikut IPL kan ada alasannya, dan itu sudah kami sampaikan secara resmi tapi tidak digubris PSSI," kata Benhur Tomi Mano.

Mestinya, sambung dia, jika PSSI punya niat baik sebagai induk organisasi teringgi sepak bola di negeri ini, dia mengharapkan untuk mengajak semua klub duduk bersama mencari solusi. "Ancam kami tidak ikut LCA, dengan berkoar-koar di media,  apa nggak salah alamat tuh, mestinya PSSI yang akan dihukum AFC karena tidak mengikutsertakan Persipura," tegasnya.

Persipura  memutuskan tidak mengikuti IPL karena sejumlah alasan antara lain, jadwal yang tidak masuk akal dan jumlah peserta yang membengkak. "Jadwal sangat mepet, dalam 3 hari bisa main 2 kali para pemain kan bukan robot , sementara jumlah peserta membengkak, tentu biaya akan sangat membengkak, nah mau cari dana dari mana lagi, sedangkan ISL hanya 18 peserta saja kami sudah kepayahan," pungkasnya. 

Sebenarnya, Persipura pada dasarnya bersikap netral, tapi kalau PSSI hanya ancam mengancam, tentu tidak akan diam. "Kalau PSSI punya kearifan, ayo ajak kami duduk bersama, dari pada seperti sekarang hanya berpolemik," tuturnya.

Sebelumnya, Persipura menolak bermain menghadapi Arema Indonesia (M Nur) dalam lanjutan kompetisi IPL, Sabtu, 26 November 2011. Alasanya, Persipura musim ini tidak ikut kompetisi IPL, namun Indonesia Super League (ISL) di bawah operator PT Liga Indonesia.

Laporan: Banjir Ambarita/ Papua

Mahaka Kembali Ubah Nama Turnamen Pramusim ISL
Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016