Siapakah Tales Dos Santos, Bek Anyar Persija?

Bek baru Persija Jakarta, Tales Ricarte Dos Santos
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana
VIVA.co.id
Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC
- Terdapat wajah baru di skuad Persija Jakarta jelang turnamen Piala Bhayangkara. Pemain yang dimaksud adalah bek asal Brasil, Tales Ricarte Dos Santos.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih
Ini merupakan kali pertama Santos merumput di Indonesia. Tapi, Indonesia bukan negara Asia Tenggara pertama yang disinggahi oleh pemain 31 tahun tersebut.

Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo
Sebelumnya, Santos sudah pernah bermain di Singapura, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Kali ini, ia pun akan mencicipi sepakbola Indonesia karena ajakan pelatih anyar Persija, Paulo Camargo. 

"Memang kali pertama saya ke Indonesia. Sebenarnya saya sudah pernah main di beberapa negara Asia Tenggara. Pernah gabung dengan klub Thailand dan Vietnam," kata Santos.

Keputusan Santos merumput di Indonesia sebenarnya terbilang berani. Sebab, kompetisi di Indonesia sedang dalam kondisi tidak jelas imbas dari konflik antara PSSI dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pemain hanya bisa mengandalkan turnamen untuk mengembangkan karir dan mencari penghasilan. Ditanya soal hal tersebut, Santos pun mengaku sudah mengetahui hal tersebut.

"Saya belum pernah ke Indonesia. Mau cari tantangan baru. Saya pernah menonton timnas Indonesia main di Brunei, waktu itu lihat banyak sekali pendukungnya. Atmosfer suporternya sangat luar biasa," ujar Santos.

"Dari situ saya coba cari tahu sepakbola Indonesia. Ternyata, pendukung di sini memang sangat masif. Itu yang bikin saya penasaran," lanjutnya saat ditemui di National Youth Training Centre, Sawangan, Depok, Selasa 23 Februari 2016.

Selain berani datang ke Indonesia, Santos juga tak ragu menerima ajakan bergabung ke Persija. Padahal, selama ini "Macan Kemayoran" sering bermasalah dengan pembayaran gaji pemain.

"Ketika saya main di klub, gaji saya lancar. Jadi, saya tak takut dengan resiko itu (tunggakan gaji). Coach Paulo Camargo yang ajak saya ke sini. Dia tahu permainan saya seperti apa," terang mantan pemain Phuket FC tersebut.

Pemain bertinggi 197 cm ini memulai peruntungan di Asia Tenggara saat memperkuat Brunei DPMM yang berhasil dibawanya menjadi juara Piala Liga Singapura 2012 dan 2013, juga jadi runner-up Liga Singapura.

Setelah itu, ia sempat tampil di Phuket FC lalu hijrah ke Sabah di Liga Malaysia, dan terakhir memperkuat Sanna Khank Hoa FC di Liga Vietnam.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya