Regulasi Liga 1: Klub Bisa Lakukan 5 Kali Pergantian Pemain

Pemain Arema Cronus, Ryuji Utomo, berebut bola di final Piala Bhayangkara lawan Persib Bandung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 membuat beberapa regulasi baru yang akan ditetapkan pada kompetisi tertinggi di Indonesia tersebut. Setidaknya, ada enam regulasi baru yang akan diterapkan pada Liga 1.

Arema FC Kenalkan 'Jubah Perang' Baru

Beberapa regulasi tersebut di antaranya adalah tidak adanya uang hadiah untuk klub yang juara, pergantian pemain dari 3 menjadi 5, jumlah daftar susunan pemain dari 18 menjadi 20 lantaran penggunaan pemain U-23. Kemudian, batas pembayaran gaji pemain atau salary cap yang berkisar antara Rp5 miliar hingga Rp15 miliar, dan pembatasan usia pemain dengan maksimal berusia 35 tahun.

Hal itu diungkapkan langsung oleh direktur utama PT Liga Indonesia Baru, Berlinton Siahaan, usai pertemuan dengan para manajer klub Liga 1 di Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat.

PSS Sleman Tunjuk Gustavo Lopez Sebagai Manajer

"Ini kan kompetisi, tidak ada yang menang dan kalah. Kalau menang dapat tiga poin, imbang satu poin, kalau kalah ya tidak dapat poin. Kita menggaransi setiap klub mendapatkan (subsidi) Rp7,5 miliar," ujar Berlinton kepada wartawan, Rabu 29 Maret 2017.

Selain Berlinton, CEO PT Liga Indonesia Baru, Risha Adi Wijaya, juga ikut memberikan beberapa perubahan terkait regulasi Liga 1. Salah satunya adalah soal daftar susunan pemain yang berubah karena aturan U-23.

Motivasi Meningkat, Persib Pede Hadapi Persija

"Perubahan yang ada mungkin terdapat pada susunan daftar pemain yang biasanya 18 menjadi 20 karena ada peraturan U-23 yang diwajibkan main di 45 menit pertama dengan mempertimbangkan segala kemungkinan maka ada tambahan dua pemain dari timnas U-23," kata Risha.

"Selain itu juga ada perubahan pada salary cap. Itu sebenarnya wewenang PSSI tapi tadi dibicarakan minimal Rp5 miliar dan maksimum Rp15 miliar. Naik dari yang sebelumnya hanya Rp10 miliar," sambungnya.

Ciro Alves, Duel Persik Kediri vs Persib Bandung

Bungkam Persik Jadi Momentum Kebangkitan Persib Bandung

Tren positif ini diharapkan bisa berlanjut untuk pertandingan berikutnya. Skuad Maung Bandung dijadwalkan menghadapi lawan kuat Bali United.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2023