Timnas Indonesia U-16 Kehilangan Pilar Andalan

Pemain Timnas Indonesia U-16, Rendy Juliansyah merayakan golnya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/ama/17.

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia U-16 kian mantap menatap Piala AFF U-15 Thailand. Dari beberapa uji coba, termasuk turun di Tien Phong Plastic Cup Vietnam, Juni 2017 lalu, skuat asuhan Fachry Husaini ini mampu menjaga konsistensi.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Puncaknya terjadi ketika Skuat Garuda Asia mampu unggul telak 11-0 atas Taiwan di laga pamungkas Tien Phong Plastic Cup lalu. Tidak sampai di situ, dua penggawa Timnas U-16, Rendy Juliansyah dan Hamsa Lestaluhu, menyabet penghargaan individu.

Rendy keluar sebagai pencetak gol terbanyak, sedangkan Hamsah terpilih sebagai pemain terbaik. Akan tetapi, jelang terbang ke Thailand, kabar tak sedap menghampiri. Hamsah mengalami cedera lutut dalam uji coba terakhir melawan Persija Jakarta U-16, Selasa 4 Juli 2017.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Meski begitu, Fachry mengaku tidak terlalu khawatir. Sebab, dia memiliki 27 pemain yang seluruhnya siap dibawa ke Piala AFF U-15. Dia juga menegaskan, dalam sebuah laga sepakbola, cedera adalah risiko yang harus diterima para pemain.

"Ini sepakbola, saya tidak bisa bicara dengan pelatih lawan agar bermain sopan, bermain santun. Saya kira setelah wasit meniup tanda pertandingan dimulai, mereka harus melakukan itu. Hamsah cedera bukan karena pelanggaran sengaja yang dilakukan pemain Persija (U-16). Tidak ada niat dari tim Persija untuk mencelakai tim kami," kata Fachry.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

"Kalau ada pemain cedera saya tegaskan lagi, ini sepakbola. Lebih bagus mereka cedera saat pertandingan daripada cedera di saat lain, jatuh naik motor misalnya. Ini yang harus mereka terima. Saya juga harus terima. Saya harus siapkan rencana lain misalnya, untuk alternatif lain. Yang jelas, saya punya 27 pemain dan semuanya siap," imbuhnya.

Fachry belum bisa berbicara banyak mengenai cedera Hamsah. Dia tak ingin berspekulasi mengenai kemungkinan pemain asal Tulehu tersebut batal tampil di Piala AFF U-15 nanti, karena masih harus melalui pemeriksaan tim dokter.

"Saya nanti akan bicara dulu dengan dokter tim. Karena, soal cedera dokter tim yang lebih tahu. Menurut informasi yang saya dapat cedera (Hamsah) ada di bawah lutut. Mudah-mudahan masih ada waktu untuk penyembuhan," ucap juru taktik berusia 51 tahun itu.

Skuat Garuda Asia dijadwalkan terbang ke Thailand pada Kamis 6 Juli 2017. Mereka akan bersaing dengan lima tim lainnya, yakni Australia, Thailand, Laos, Myanmar, dan Singapura. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya