Handsball dan VAR yang Bikin ManCity Gerutu 3 Hari Tanpa Henti

Keputusan VAR anulir gol Manchester City
Sumber :
  • Daily Mirror

VIVA – Kemenangan di depan mata Manchester City atas Tottenham Hotspur sirna karena keputusan yang diambil wasit melalui video assistant referee. Di depan puluhan ribu pendukungnya, ManCity harus gigit jari akibat VAR menganulir gol kemenangan Gabriel Jesus.

Arsenal Terancam Kehilangan Bek Muda Potensial

Bermain di Etihad Stadium, Sabtu 17 Agustus 2019, ManCity sempat mencetak gol di masa injury time lewat Jesus. Gol itu tak lantas disahkan wasit. Mereka pun harus puas dengan hasil imbang, 2-2.

Perlu ada peninjauan ulang yang dilakukan wasit terhadap gol tersebut. Ternyata, dari tayangan ulang lewat VAR, bek ManCity, Aymeric Laporte, terbukti melakukan pelanggaran lebih dulu.

Villa Vs Liverpool Imbang, Tak Ada Penyesalan dari Klopp

Laporte melakukan handsball sebelum Jesus mencetak gol. Atas alasan inilah, wasit menganulir gol Jesus.

Keputusan wasit yang diambil lewat VAR membuat ManCity menggerutu tiga hari tanpa henti. Usai manajer Pep Guardiola, giliran Kevin De Bruyne yang meluapkan kekesalannya.

Klasemen Premier League: Liverpool Mentok di Posisi 3, Man Utd Terancam Gagal ke Eropa

De Bruyne merasa heran dengan keputusan yang diambil wasit. Pun, aturan handsball terbaru makin membuatnya bingung.

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne

Sebab, dalam aturan terbaru handsball, disebutkan jika bola secara tak sengaja menyentuh pemain dalam upaya menciptakan peluang atau mencetak gol, itu sudah masuk dalam pelanggaran.

Dalam kasus gol ManCity yang dianulir, aturan ini bekerja. De Bruyne pun tak terima.

"Tak mungkin bagi Laporte melakukan gerakan lengan demi menjauhi bola. Dalam situasi itu, memangnya dia harus memotong dan main tanpa lengannya? Tak ada yang bisa dia lakukan karena Nicolas Otamendi cuma 10 sentimeter di depannya, mencoba menanduk bola. Waktu untuk menghindar tak cukup," kecam De Bruyne dilansir Daily Mirror.

Gelandang Belgia tersebut menegaskan tak setuju dengan kehadiran VAR di Premier League. Menurut De Bruyne, VAR bisa menghadirkan petaka bagi sepakbola karena akan mencabut drama yang selama ini lekat.

"Saya ini orang kuno dan tak setuju dengan VAR. Pun, dalam aturan, jika nantinya pemain Tottenham Hotspur ada yang kena lengannya karena situasi itu, penalti tak diberikan. Jadi, saya tak mengerti. Ini perlu diperdebatkan. Sebab, kami tak mengerti mengapa wasit menganulir gol itu, pemain Spurs juga berpendapat yang sama," ujar De Bruyne.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya