FAKTA: Pemain Asia Jimat Juara Premier League

Pemain anyar Liverpool, Takumi Minamino
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – Dalam berita sebelumnya terungkap fakta bahwa China adalah negara yang pertama kali mengimpor pemainnya ke Premier League, atas nama Sun Jihai. Ternyata, ada fakta lain yang membuktikan bahwa bintang dari Benua Kuning bisa jadi jimat sebuah klub menjadi juara Premier League.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Langsung ke pokok pembahasan. Menurut data Premierleague.com, Park Ji-sung adalah pemain Asia pertama yang berhasil mengangkat trofi Premier League. Ji-sung mengecap gelar pertamanya bersama Manchester United musim 2006/2007.

Saat itu, gelandang bertenaga kuda asal Korea Selatan ini baru saja menjalani musim perdananya di Old Trafford. Sebelumnya, pemain kelahiran 25 Februari 1981 ini diboyong Setan Merah dari klub elite Belanda, PSV Eindhoven, awal musim 2006/2007.

Cesc Fabregas Beri Penilaian Gelar Arsenal Usai Berbincang dengan Semua Pelatih Eropa

Park Ji-sung saat membawa Manchester United juara Premier League

Kesuksesan Ji-sung kemudian diikuti oleh bintang asal Jepang, Shinji Kagawa. Juga bersama MU, Kagawa langsung meraih sukses di musim pertamanya setelah diboyong MU dari Borussia Dortmund. 

Man Utd Ketahuan Ingkar Janji! Tolak Bayar Klausul Pelepasan Facundo Pellistri

Berkat keberhasilan itu, Kagawa juga mengklaim pemain Asia kedua yang berhasil meraih gelar juara Premier League.

Masih dari Jepang, yang juga mampu membawa timnya juara Premier League di musim pertamanya. Dia adalah striker berpaspor Jepang, Shinji Okazaki.

Shinji Okazaki saat membawa Leicester City juara Premier League

Setelah didaratkan di King Power Stadium oleh Leicester City musim 2015/2016, Okazaki ikut mengantar The Foxes mencetak sejarah untuk pertama kalinya menjuarai Premier League.

Sebenarnya, saat ini publik lebih mengenal sosok winger lincah nan tajam Korea Selatan lainnya, Son Heung-min. Sayangnya, sudah hampir lima musim membela panji The Lilywhites Son belum juga bisa membawa Tottenham Hotspur juara Premier League. 

Catatan terbaik Son hanyalah membawa armada London Utara menjadi runner-up musim 2016/2017.

Winger Tottenham Hotspur, Son Heung-min

Sekarang, satu pemain Asia lainnya yang berpeluang besar meraih gelar juara Premier League langsung di musim perdananya adalah Takumi Minamino. Penyerang asal Jepang ini baru saja diboyong Liverpool dari klub elite Austria, Red Bull Salzburg.

Meski datang di pertengahan musim, Minamino tetap bisa menjaga rekor dan klaim pemain Asia sebagai jimat sebuah tim untuk juara Premier League. Sebab saat ini, Liverpool begitu kokoh berdiri di puncak klasemen. 

Dengan koleksi 55 poin, The Anfield Gang duduk unggul 13 poin dari pesaing terdekat, Manchester City di posisi kedua, serta berselisih 14 poin dengan Leicester di urutan ketiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya