Ular Besar Masuk Rumah Warga Akibat Kedinginan, Kok Bisa?

Ilustrasi Ular Piton.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Selama musim dingin di British Columbia, Kanada, seorang warga menemukan seorang ular di dalam rumahnya. Tim ahli satwa liar di daerah tersebut kemudian merawat ular jenis gopher great basin yang memilih untuk masuk ke rumah warga daripada brumasi atau tidur selama musim dingin.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Dilansir dari Upi.com, Selasa, 13 Februari 2023, pihak Interior Wildlife Rehabilitation menyatakan bahwa ular tersebut memang asli dari daerah itu dan ditemukan dalam keadaan aktif di sebuah rumah di Okanagan, Kanada.

Pusat rehabilitasi mengatakan ular itu akan dilepaskan ke luar dekat tempat ia ditemukan setelah suhu cukup hangat untuk bertahan hidup. 

Chandrika Chika Bakal Jalani Rehabilitasi di BNN Lido

Ilustrasi ular piton.

Photo :
  • Pixabay

Eva Hartmann, pendiri organisasi tersebut, mengatakan pusat rehabilitasi harus mendapatkan izin khusus dari otoritas provinsi tersebut untuk merawat ular itu, karena ular gopher great basin dianggap sebagai spesies yang terancam. 

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

"Jika populasi ular lokal kita terus terancam oleh tekanan manusia (pembangunan perkotaan, pertanian, kendaraan), mereka bisa menghadapi kepunahan dan hilang dari kawasan ini selamanya,” ujar Eva mengutip dari vernonmoningstar.com.

Ada tujuh spesies ular yang menghuni Okanagan.  "Orang-orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih memahami ular menganggap ular sebagai hewan yang menarik," katanya lagi.

Kejadian serupa juga terjadi di depot rumah di Kapolei, Honolulu, Hawaii.  Departemen Kepolisian Honolulu yang menerima panggilan 911 dari karyawan di sebuah toko sekitar pukul 11 ​​​​malam yang menemukan seekor ular gopher yang berada di kontainer pengiriman barang.  

Ular tersebut berukuran panjang sekitar 21 inci atau sekitar 53 cm, dan telah diidentifikasi oleh para ahli reptil sebagai ular gopher remaja yang tidak berbisa.

Ilustrasi ular piton

Photo :
  • Pixabay

Ular dengan nama ilmiah Pituophis catenifer adalah spesies ular colubrid tidak berbisa yang berasal di Amerika Utara.  Ular ini sering disalahartikan dengan ular derik, namun dengan mudah ular gopher ini bisa dibedakan dari ular derik karena tidak adanya garis hitam putih di ekornya, dan dari bentuk kepalanya yang lebih kecil dibandingkan ular derik. 

Ular Gopher ini bisa ditemukan di berbagai habitat termasuk padang rumput, hutan, halaman belakang rumah, kebun, dan lahan pertanian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya