Apple Disebut Sedang Garap Prototipe untuk 2 iPhone yang Dapat Dilipat

Ragam produk Apple.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Apple dilaporkan sedang mengerjakan prototipe perangkat yang dapat dilipat. Perusahaan ini membuat prototipe setidaknya dua iPhone yang bisa dilipat lebar dan telah menghubungi setidaknya satu produsen mengenai suku cadang untuk ponsel lipat dengan ukuran berbeda, dilansir dari The Information dari sumber yang mengetahui langsung kabar itu.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

iPhone 16

Photo :
  • MacRumors

Ponsel tersebut masih dalam tahap pengembangan awal dan tidak ada jaminan bahwa ponsel tersebut akan tersedia bagi konsumen, kata sumber tersebut kepada publikasi.

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

“Apple juga sedang mempertimbangkan iPad yang dapat dilipat dan telah bekerja sama dengan LG dan Samsung dalam pembuatan prototipe iPad yang dapat dilipat,” menurut karyawan Apple, dilansir dari Business Insider, Senin, 12 Februari 2024.

Apple telah mencari perangkat yang dapat dilipat selama bertahun-tahun. Pada tahun 2016, perusahaan menerima paten untuk ponsel yang dapat dilipat ke tengah. 

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Pada tahun 2020, Apple mengajukan paten untuk perangkat elektronik yang dapat dilipat yang, jika dilipat, akan membiarkan sebagian kecil layar tetap terbuka sehingga pengguna dapat terus melihat notifikasi meskipun ponselnya tertutup. 

Permohonan paten dari Apple tahun lalu merinci iPhone yang dapat dilipat bisa menutup sendiri jika terjatuh untuk melindungi layar dari kerusakan serius.

Pada tahun 2022, analis rantai pasokan Ming-Chi Kuo memperkirakan Apple dapat meluncurkan perangkat lipat pertamanya paling cepat pada tahun 2025 dan memperkirakan perangkat tersebut bisa berupa "iPad yang dapat dilipat atau gabungan iPad & iPhone".

iPad Pro 2020.

Photo :
  • Indulge Express

Tahun lalu, reporter Bloomberg Mark Gurman mengatakan mengenai iPhone yang dapat dilipat bahwa ia “tidak memperkirakan akan ada peluncuran dalam waktu dekat,” seraya menambahkan bahwa perusahaan tersebut lebih “fokus pada perangkat lipat yang lebih besar.”

Dalam kebangkitan ponsel lipat, pesaing seperti Google, Samsung dan Motorola telah merilis versi mereka sendiri dalam beberapa tahun terakhir.

Kepala divisi pengalaman seluler Samsung, TM Roh, mengatakan kepada CNET tahun lalu bahwa penjualan ponsel lipat perusahaannya "setara" dengan Galaxy Note yang juga dapat dilipat. Perusahaan ini memiliki target menjual 20 juta ponsel lipat tahun ini, menurut laporan dari outlet media Korea The Elec.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya