Indosat Siap Melesat

Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggan di sepanjang 2023.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Melalui kedua merek, IM3 dan Tri, IOH menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3 persen menjadi Rp35,6 ribu.

Bertambahnya basis pelanggan berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri ikut meningkat 3 poin YoY menjadi 84.0.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Hasil tersebut menunjukkan keberhasilan strategi go-to-market Indosat Ooredoo Hutchison sehingga mencerminkan pengalaman mengesankan kepada pelanggan," kata Direktur Utama dan Kepala Eksekutif Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, Minggu, 11 Februari 2024.

Selain itu, belanja modal (capital expenditure/capex) IOH tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis seluler serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah pedesaan dan terpencil.

Pusat Komando Diaktifkan, 2 Ribu Petugas Dikerahkan

Vikram menyebut, strategi transformasi dari 'Telco' ke 'TechCo' mencapai tonggak penting pada tahun kemarin. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah pedesaan dan terpencil, Indosat Ooredoo Hutchison meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7 persen YoY, menjadi 179 ribu sites di seluruh Indonesia.

IOH juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46 ribu sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

Dengan penerapan teknologi ini, maka seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.

Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8 persen YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, IOH juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play dalam rangka mempertegas langkahnya di Home Broadband Business (HBB).

Vikram juga mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir 2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY menjadi 37,7 juta pengguna.

"Ini mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan. Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya