Heboh, Penyelidikan Bangkai Kapal Misterius yang Tiba-tiba Saja Muncul

Bangkai Kapal Misterius di Kanada
Sumber :
  • Istimewa

Kanada – Sebuah bangkai kapal yang diyakini berasal dari era ke-19 ditemukan terdampar di sebuah pantai yang tertutup salju di Provinsi Newfoundland, sebuah pulau di Kanada yang terletak di Atlantik. Kejadian ini menarik perhatian banyak orang dan arkeolog untuk menyelidiki asal-usul misteriusnya.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Dilansir dari ScienceDirect, Jumat, 9 Februari 2024, menyebutkan pada pekan lalu, tim arkeolog dan sukarelawan bergegas untuk menemukan bagian-bagian kapal yang memiliki panjang sekitar 30 meter sebelum air pasang kembali membawanya kembali ke kedalaman laut tempat kapal itu asalnya berada.

Mereka berhasil mengambil papan kayu, selubung logam, dan fragmen lainnya dari kapal tersebut, yang kemudian dikirim ke laboratorium untuk dianalisis lebih lanjut.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Bangkai Kapal Misterius di Kanada

Photo :
  • Istimewa

Mereka berhasil mengambil papan kayu, selubung logam, dan fragmen lainnya dari kapal tersebut, yang kemudian dikirim ke laboratorium untuk dianalisis lebih lanjut.

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

“Kami berharap dapat mengidentifikasi spesies dan umur kayu serta mengidentifikasi komposisi logamnya. Hal-hal tersebut akan memberi kita petunjuk mengenai umur dan asal usulnya,” kata arkeolog Jamie Brake pada konferensi pers pada hari Selasa, 6 Februari 2024.

"Ia berada di tempat yang berbahaya. Ia terhempas oleh lautan dan sebagainya. Ini bukan kondisi yang ideal untuk mencoba mempelajari lebih lanjut di lokasi itu sendiri," katanya, seraya menambahkan bahwa mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan untuk mengetahui hasil dari laboratorium. tes.

Terletak di tepi Taman Provinsi J. T. Cheeseman di ujung barat daya Newfoundland, bangkai kapal itu ditemukan pada akhir Januari di daerah yang terkenal dengan banyak bebatuan dangkal tempat banyak kapal kandas selama berabad-abad.

Menurut Kantor Arkeologi Newfoundland, bangkai kapal tua adalah hal biasa di wilayah ini, jumlahnya mencapai ribuan. Brake mencatat kapal-kapal Eropa mengarungi perairan ini selama ratusan tahun.

Bangkai Kapal Misterius di Kanada

Photo :
  • Istimewa

Beberapa orang percaya bahwa Badai Fiona, yang menghantam pantai Atlantik Kanada dengan keras pada September 2022, mungkin telah menjatuhkan kapal tersebut dari dasar laut.

Sejumlah warga Newfoundland yang penasaran telah melakukan perjalanan ke lokasi tersebut untuk melihat dari dekat bangkai kapal tersebut.

“Ini kapal yang cukup besar,” kata Brake. "Ini adalah hal yang sangat menakjubkan untuk dilihat. Saya dapat memahami mengapa hal ini menarik imajinasi orang, mengapa orang begitu tertarik dengan hal ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya