Fakta Unik Firmino, Bomber Liverpool Lebih Beringas di Luar Anfield

Penyerang Liverpool, Roberto Firmino
Sumber :
  • Instagram/@roberto_firmino

VIVA – Sebagian menyebutnya kutukan. Sebab faktanya, Roberto Firmino belum sekali pun mencetak gol saat Liverpool bermain di rumah angkernya, Anfield. Akan tetapi, striker berpaspor Brasil ini justru punya catatan apik saat beraksi di markas lawan.

Ada Girona dan Aston Villa, 23 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan

Molineux Stadium, markas Wolverhampton Wanderers, jadi saksi ketajaman Firmino saat berlaga jauh dari Anfield. Dalam laga itu, The Reds sukses menekuk tuan rumah 2-1 dalam laga pekan ke-24 Premier League 2019/2020, Jumat 24 Januari 2020.

Dalam laga itu, Firmino mencetak gol kemenangan Liverpool enam menit sebelum waktu normal babak kedua berakhir. Menurut catatan Liverpoolfc.com, gol ke gawang Rui Patricio jadi yang kedelapan Firmino dalam 23 penampilannya di ajang Premier League musim ini.

Sofyan Amrabat Senang dengan Performanya Bersama Man Utd

Penyerang Liverpool, Roberto Firmino

Jika melihat jumlah golnya, bomber berusia 28 tahun ini memang belum menyentuh dua digit. Tapi ternyata, ada catatan unik yang dibuatnya khusus di kompetisi domestik.

Indonesia Baru Menerapkan, Klub Liga Inggris Malah Ingin VAR Dihapuskan

Mengutip data Opta, delapan gol yang dibuat Firmino semuanya dibuat saat Liverpool melakoni laga tandang. Sementara dari data Premierleague.com, Liverpool sendiri sudah melakoni 11 pertandingan tandang. 

Itu berarti, rasio gol Firmino di laga tandang Liverpool mencapai 0,66, atau lebih dari 50 persen pertandingan di luar Anfield. Jumlah ini kemungkinan masih bisa bertambah, mengingat masih ada tujuh laga tandang sisa hingga akhir musim.

Penyerang Liverpool, Roberto Firmino (kiri), mencetak gol ke gawang Southampton

Hampir lima musim membela panji Merseyside Merah, mantan juru gedor Figueirense dan Hoffenheim ini total mencetak 76 gol dalam 225 penampilannya di semua ajang. Selain itu, Firmino juga ikut mengantar Liverpool meraih gelar juara Liga Champions 2018/2019, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Klub 2019.

Sementara itu, The Anfield Gang masih bercokol dengan kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 31 poin. Catatan ini unggul jauh 16 poin dari pesaing terdekat, Manchester City, yang duduk di peringkat kedua. Jarak Liverpool dengan City masih bisa bertambah andai laga tunda melawan West Ham United bisa dimenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya