Merinding, Makna Gestur Azan dan Angka Arab di Selebrasi Mohamed Salah

Selebrasi Angka Arab Mohamed Salah
Sumber :
  • Liverpool Echo

VIVA – Penyerang Liverpool, Mohamed Salah tampil luar biasa saat timnya mengalahkan Leeds United 4-3 dalam pekan pertama Premier League di Anfield, Sabtu 12 September 2020 atau Minggu dini hari WIB. 

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

Salah mencetak hattick, dia mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-4 melalui penalti, kemudian menit ke-33 dan gol penentu menit ke-88 juga lewat titik putih.

Beragam gaya dan gestur yang ditunjukkan Salah saat berselebrasi merayakan golnya. Seperti selebrasi biasanya, penyerang asal Mesir itu tak lupa melakukan sujud syukur. Tapi ada yang unik dan tak seperti biasanya.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Baca Juga: Eksklusif: Terkuak Awal Balap Lari Liar Jadi Viral Sampai Disorot PASI

Jurgen Klopp Ungkap Rahasia Kebangkitan Mohamed Salah! Liverpool Siap Menggebrak Persaingan Gelar

Salah berselebrasi dengan gestur menyerupai orang yang sedang adzan. Momen itu terjadi saat Salah mencetak gol ketiga, atau gol yang membuat Liverpool mengehempaskan Leeds. 

Kedua tangannya mengatup kedua telinganya, namun sedikit berbeda, Salah melakukan itu sambil menjulurkan lidahnya. 

Selain itu, Salah juga bergaya dengan membalikkan dua jarinya, telunjuk dan tengah menyerupai angka delapan dalam bahasa Arab.

Usut punya usut, selebrasi Salah itu ternyata merupakan penghormatan kepada rekan setimnya di Timnas Mesir, Moamen Zakaria. Aksi itu biasanya dilakukan Zakaria saat mencetak gol.

Zakaria saat ini mengidap Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yang biasa dikenal dengan Motor Neurone Disease, yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang.

Pada Jumat malam, rekan setim Zakaria di tim Mesir Al Ahly juga menunjukkan solidaritas saat mereka mengulangi selebrasi menyusul kemenangan 3-0 atas Ismaily.

Baca Juga: Usai Pesilat Wanita Ngaku Sakti, Kini Kebohongan Gurunya Dikuliti

Wartawan Mesir Mohamed Adam mengatakan, selebrasi gol seperti itu sedang marak dilakukan di negaranya sebagai bentuk dukungan untuk Zakaria.

"Banyak media Mesir membicarakan hal ini. Zakaria adalah teman Salah dan semua orang di dunia sepakbola Mesir merasakannya," kata Adam kepada Liverpool Echo.

"Ini adalah perayaan khasnya jadi saya yakin Salah bersungguh-sungguh sebagai penghormatan. Juga Zakaria memakai nomor delapan dan Salah melakukan gerakan tangan angka delapan dalam bahasa Arab," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya