Kontroversi VAR Arsenal Vs Brentford, Wasit Pernah Bermasalah

Arsenal vs Brentford di Premier League
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Bola – Arsenal vs Brentford diwarnai kontroversi keputusan video assistant referee (VAR). Duel lanjutan Premier League di Emirates Stadium, Sabtu malam WIB 11 Februari 2023 berakhir imbang 1-1.

Arsenal Terancam Kehilangan Bek Muda Potensial

Hasil imbang ini tak memuaskan bagi Arsenal. Mereka memiliki peluang untuk memantapkan posisi di puncak klasemen Premier League 2022/2023 karena main di hadapan pendukung sendiri.

Arsenal juga membuka keunggulan lebih dulu pada menit 66. Leandro Trossard yang berhasil membobol gawang Brentford.

Villa Vs Liverpool Imbang, Tak Ada Penyesalan dari Klopp

Arsenal vs Brentford di Premier League

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Akan tetapi, pada menit 74 tim tamu berhasil membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 lewat gol Ivan Toney. Drama tersaji di sini, karena wasit butuh waktu sekira dua menit memastikan keabsahannya melalui VAR.

Klasemen Premier League: Liverpool Mentok di Posisi 3, Man Utd Terancam Gagal ke Eropa

Ada dua momen yang dipantau lewat VAR saat gol Toney terjadi. Yang pertama adalah posisi dari Ethan Pinnick yang offside.

Tapi wasit menganggap posisi Pinnick bebas, karena tidak ada pergerakan yang dilakukan. Bagi Arsenal, itu merugikan mereka, karena posisi Pinnick memblokir Gabriel Magalhaes.

Arsenal vs Brentford di Premier League

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Yang kemudian menjadi kontroversi berikutnya adalah wasit VAR yang bertugas, yakni Lee Mason. Dia pernah dibebastugaskan karena dua kesalahan di awal musim ketika mengawasi VAR.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta merasa kecewa karena keputusan wasit ini. Dia memastikan klub akan menulis surat protes kepada Premier League.

"Saya telah melihat kembali gol itu, dan jelas offside. Kami akan memberi pandangan kami ke Premier League," dikutip dari Sport Bible.

"Anda harus menerapkan prinsip-prinsip tertentu dalam mempertahankan bola mati, dan Anda melakukannya dengan tetap berpegang pada aturan," imbuhnya.

Meski cuma mendapat satu poin, tapi Arsenal masih bertengger di puncak klasemen Premier League 2022/2023. Memainkan 21 laga, mereka punya 51 poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya